Perbandingan Pelayanan Antar Shuttle Bandung-Jakarta

Authors

  • Shofia Yasmin Maisan Institut Teknologi Nasional Bandung
  • Elkhasnet Institut Teknologi Nasional Bandung

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i3.1267

Keywords:

shuttle, service, facility, rate, passenger, pelayanan, fasilitas, tarif, penumpang

Abstract

Since the operation of the Cipularang Toll Road, there has been an increase in mobility with a travel time of approximately 2 to 3 hours. The existence of the Cipularang Toll Road has made one of the land transportation services, the shuttle service, grow. This upward trend of shuttle companies has created intense competition in facilities and rates. The condition of the facilities, routes, and fares are the influential factors in determining the rating for the service provided by the shuttle to passengers. In this situation, it is necessary to analyze which shuttle can provide the best service and the characteristics of passengers. This analysis uses primary and secondary data obtained from the RedBus Web. Based on the research results, Jackal Holidays provides the best service in many segments for Bandung-Jakarta departures. Their travel time is about 2 hours, and the number of departures per day is well beyond the other accommodations, roughly 402 departures/day. The perks are also excellent, yet the prayer room is still under maintenance, and the overall rating for this service is gaining a value of 24 points. The rate offered is IDR 135,000. Furthermore, the application’s rating on the Playstore is 2.3 out of 5, while on the Appstore is 2.5 out of 5. In addition, the spread of the demographic of passengers is dominated by women, considering the fares and convenience offered.

ABSTRAK

Semenjak beroperasinya Jalan Tol Cipularang terjadi peningkatan mobilitas dengan waktu tempuh hanya 2-3 jam. Adanya Jalan Tol Cipularang membuat jasa angkutan darat salah satunya shuttle semakin berkembang. Dengan banyaknya perusahaan shuttle yang bermunculan menimbulkan persaingan yang ketat baik dari segi fasilitas, maupun tarif. Kondisi fasilitas, rute serta tarif menjadi faktor yang sangat berpengaruh dalam menentukan tingkat pelayanan yang diberikan oleh shuttle kepada penumpang. Sehubungan dengan hal tersebut perlu dilakukan analisis untuk menentukan shuttle yang dapat memberikan pelayanan terbaik serta karakteristik penumpang pengguna jasa shuttle. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan data primer serta sekunder yang didapat dari Web RedBus. Berdasarkan hasil penelitian Jackal Holidays memberikan pelayanan terbaik untuk keberangkatan Bandung-Jakarta, dari segi waktu tempuh yang ditawarkan yaitu hanya 2 jam, jumlah keberangkatan perhari yang relatif banyak yaitu 402 keberangkatan/hari. Fasilitas yang dimiliki juga sudah sangat baik namun untuk mushola masih dalam tahap renovasi, fasilitas yang dimiliki memiliki nilai 24 poin. Tarif yang ditawarkan yaitu Rp.135.000. Aplikasi pada Playstore yang dimiliki juga hanya memiliki nilai 2,3 dari 5, sedangkan pada Appstore memiliki nilai 2,5 dari 5. Penumpang didominasi oleh perempuan dengan mempertimbangkan tarif serta kenyamanan yang ditawarkan.

Author Biographies

Shofia Yasmin Maisan, Institut Teknologi Nasional Bandung

Jurusan Teknik Sipil
Institut Teknologi Nasional Bandung
Jl. Khp Hasan Mustopa No.23, Neglasari, Cibeunying Kaler
Kota Bandung, Jawa Barat 40124

Elkhasnet, Institut Teknologi Nasional Bandung

Jurusan Teknik Sipil,
Institut Teknologi Nasional Bandung
Jl. Khp Hasan Mustopa No.23, Neglasari, Cibeunying Kaler,
Kota Bandung, Jawa Barat 40124

Corresponding author: elkha@itenas.ac.id

Downloads

Published

30-06-2024