Analisis Efektivitas Kinerja Angkutan Bus Trans Metro Dewata K5B pada Hari Raya Besar di Bali Hari Raya Siwaratri (Studi Kasus: Koridor 5 - Terminal Ubung)

Authors

  • I Putu Bagus Yudastara Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Putu Krisna Evita Pratiwi Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ferdi Firdaus Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Dwi Wahyu Hidayat Politeknik Transportasi Darat Bali

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i3.1280

Keywords:

effectiveness, public transportation, Trans Metro Dewata, efektivitas, angkutan umum

Abstract

Transportation is needed to support community activities and move from one place to another occasionally, almost daily. Transportation located on the island of Bali has public transportation with the type of bus rapid transit (BRT) called Trans Metro Dewata. This research aims to analyze the performance of Trans Metro Dewata public transportation on corridor 5B at Ubung Terminal, especially on normal days and Siwaratri holidays. The research method used is descriptive-analytical with primary and secondary data collection. Primary data includes the number of passengers, arrival time, departure time, headway, and layover time, while secondary data includes Trans Metro Dewata route maps and transport inventory data. The results showed that on holidays, the highest load factor was 12.5% with five passengers, while on normal days, the highest load factor was 5% with two passengers. The highest headway on Hari Raya is 27 minutes 7 seconds, while on normal days, it is 5 minutes 33 seconds. The highest layover time on holidays is 6 minutes 5 seconds, while on normal days, it is 8 minutes 17 seconds. From this analysis, it can be concluded that Trans Metro Dewata public transport on corridor 5B performs better on holidays than on normal days. The holiday load factor shows a higher occupancy level, while the headway and layover time on normal days are better. This comparison can be used as a basis for increasing the effectiveness and efficiency of the performance of the Trans Metro Dewata public transport in the future.

ABSTRAK

Kebutuhan akan transportasi merupakan kebutuhan untuk menunjang kegiatan masyarakat untuk berpindah dari tempat satu ke tempat yang lain hingga waktu ke waktu, hampir setiap hari. Transportasi yang terletak di pulau bali terdapat angkutan umum dengan jenis bus rapid transit (BRT) yang bernama Trans Metro Dewata. Berdasarkan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja angkutan umum Trans Metro Dewata pada koridor 5B di Terminal Ubung, khususnya pada hari normal dan hari raya Siwaratri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analitis dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer meliputi jumlah penumpang, waktu kedatangan, waktu keberangkatan, headway, dan lay over time, sedangkan data sekunder mencakup peta rute Trans Metro Dewata dan data inventaris angkutan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hari raya, load factor tertinggi adalah 12,5% dengan 5 penumpang, sedangkan pada hari normal load factor tertinggi adalah 5% dengan 2 penumpang. Headway tertinggi pada hari raya adalah 27 menit 7 detik, sedangkan pada hari normal adalah 5 menit 33 detik. Lay over time tertinggi pada hari raya adalah 6 menit 5 detik, sedangkan pada hari normal adalah 8 menit 17 detik. Dari hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa angkutan umum Trans Metro Dewata pada koridor 5B memiliki tingkat kinerja yang lebih baik pada hari raya dibandingkan dengan hari normal. Load factor pada hari raya menunjukkan tingkat keterisian yang lebih tinggi, sedangkan headway dan lay over time pada hari normal lebih baik. Perbandingan ini dapat digunakan sebagai dasar dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi kinerja angkutan umum Trans Metro Dewata di masa mendatang. 

Author Biographies

I Putu Bagus Yudastara, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi D-III Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Ni Putu Krisna Evita Pratiwi, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi D-III Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Ferdi Firdaus, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi D-III Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Dwi Wahyu Hidayat, Politeknik Transportasi Darat Bali

Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Cempaka Putih, Desa Samsam, Kerambitan
Kab. Tabanan, Bali. 82161

Corresponding author: dwi.wahyu@poltradabali.ac.id

Downloads

Published

30-06-2024