Pengaruh Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Beli Tiket Menggunakan Aplikasi KA Bandara (Studi Kasus: KA Bandara YIA)
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i2.1342Keywords:
convenience, service features, purchase intention, KA Bandara, multiple linear regression, kemudahan, fitur layanan, minat beli, aplikasi KA Bandara, regresi linear bergandaAbstract
KA Bandara is PT Railink's application which makes it easier to book airport train tickets. Based on data, purchasing tickets through applications is in third place. Complaints related to KA Bandara include the convenience and service features. The research objective is to analyze thi effect of convenience & service features on interest in buying tickets using KA Bandara Application. Data collection by questionnaire and analysis by multiple linear regression using SPSS 26. Analysis includes instrument, classical assumption and hypothesis testing. From the results, there is an effect of convenience on the interest in buying tickets using KA Bandara, the sig. (0.000<0.05) and tcount (7.573>1.984). Service features affect interest in buying tickets using KA Bandara, sig. (0.001<0.05) & tcount (3.326>1.984). Simultaneously, convenience variables & service features affect interest in buying tickets with KA Bandara with sig. (0.000<0.05), Fcount value (98.823>3.090), and a coefficient of determination of 66.4%.
ABSTRAK
Aplikasi KA Bandara merupakan aplikasi PT Railink yang bertujuan memudahkan pemesanan tiket dari/ke Bandara. Berdasarkan data, pembelian tiket KA Bandara melalui aplikasi di urutan ketiga setelah ibook dan vending machine. Beberapa keluhan terkait aplikasi KA Bandara meliputi kemudahan serta fitur layanan pada aplikasi yang perlu diperhatikan operator. Tujuan penelitian menganalisis pengaruh kemudahan serta fitur layanan terhadap minat membeli tiket menggunakan aplikasi KA Bandara. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan analisis dengan regresi linear berganda dengan SPSS 26. Analisis meliputi pengujian instrumen, pengujian asumsi klasik serta pengujian hipotesis. Dari analisis, kemudahan mempunyai pengaruh terhadap minat membeli tiket menggunakan aplikasi, sig. (0,000<0,05) dan thitung (7,573>1,984). Fitur layanan mempengaruhi minat membeli tiket menggunakan aplikasi, nilai sig. (0,001<0,05) dan nilai thitung (3,326>1,984). Sedangkan secara simultan, terdapat pengaruh variabel kemudahan dan fitur layanan terhadap minat membeli tiket menggunakan KA Bandara dengan sig (0,000<0,05), Fhitung (98,823>3,090), dan koefisien determinasi sebesar 66,4%.