ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PENGEMBANGAN BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN BERDASARKAN PENDEKATAN KONSEP SMART AIRPORT TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DALAM MENUNJANG PARIWISATA

Authors

  • Milawaty Waris Universitas Hasanuddin
  • Syafruddin Rauf Universitas Hasanuddin
  • Sakti Adji Adisasmita Universitas Hasanuddin
  • Muh.Isran Ramli Universitas Hasanuddin

Keywords:

Service quality, visitor satisfaction, Smart Airport, Tourism, Kualitas layanan, kepuasan pengunjung, Pariwisata

Abstract

One of the obstacles that caused the National Tourism Strategic Area in South Sulawesi Province to not be included in the top ten national tourist destinations in Indonesia is infrastructure. The government seeks to encourage the acceleration of infrastructure facilities to synergize between infrastructure, tourism, and other sectors to find new ideas in terms of digital-based technology through the Smart Airport concept, as well as business investments that will increase regional economic growth. Sultan Hasanuddin International Airport is heading for aerocity with the aerotropolis concept and the Smart Airport concept approach as a supporter of technological service innovation and tourism support. The results obtained that the r-square value is reliable and meets the requirements 0.806> 0.70 for service quality while the level of passenger satisfaction is 0.646> 0.70. The results of hypothesis testing H6, the T-value <1.96 and P-value <0.05, the T-value and P-value do not meet the requirements so the X1 variable has no significant effect on the Y variable and its indicators. Respondents' assessment stated that the quality of airport development services through the Smart Airport concept approach had a significant effect on visitor satisfaction in supporting tourism.

ABSTRAK

Salah satu kendala yang menyebabkan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional di Provinsi Sulawesi selatan tidak termasuk 10 besar destinasi wisata nasional di Indonesia adalah infrastruktur. Pemerintah berupaya mendorong percepatan sarana prasarana agar bersinergi antara infrastruktur, pariwisata, dan sektor lainnya sehingga menemukan gagasan baru dari segi teknologi berbasis digital melalui konsep Smart Airport, maupun investasi bisnis yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi wilayah. Bandar udara Internasional Sultan Hasanuddin menuju aerocity dengan konsep aerotropolis dan pendekatan konsep Smart Airport sebagai pendukung inovasi layanan teknologi dan penunjang pariwisata. Hasil penelitian diperoleh nilai r-square reliabel dan memenuhi syarat 0,806>0,70 untuk kualitas layanan sedangkan tingkat kepuasan penumpang 0,646>0,70. Hasil uji hipotesis H6, nilai T-value<1,96 dan P-value<0,05 nilai T-value dan P-value tidak memenuhi syarat sehingga variabel X1 tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel Y dan indikatornya. Penilaian responden terhadap kualitas pelayanan pengembangan bandar udara melalui pendekatan konsep Smart Airport berpengaruh signifikan dengan kepuasan pengunjung dalam menunjang pariwisata.

Author Biographies

Milawaty Waris, Universitas Hasanuddin

Fakultas Teknik
Universitas Hasanuddin
Jl. Poros Malino KM. 6, Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu
Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92171

Syafruddin Rauf, Universitas Hasanuddin

Fakultas Teknik
Universitas Hasanuddin
Jl. Poros Malino KM. 6, Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu
Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92171

Sakti Adji Adisasmita, Universitas Hasanuddin

Fakultas Teknik
Universitas Hasanuddin
Jl. Poros Malino KM. 6, Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu
Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92171

Muh.Isran Ramli, Universitas Hasanuddin

Fakultas Teknik
Universitas Hasanuddin
Jl. Poros Malino KM. 6, Romang Lompoa, Kec. Bontomarannu
Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan 92171

Downloads

Published

05-08-2023