EVALUASI LAYANAN DAN FASILITAS BUSWAY TRANSJAKARTA PADA MASA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Annisa Fajriah Hasanah Universitas Pradita
  • Riska Wulandari Universitas Pradita
  • Jihan Sabila Wardhani Universitas Pradita
  • Gita Tresna Wiguna Universitas Pradita
  • Bella Koes Paulina Cantik Universitas Pradita

Keywords:

Mode Choice, Mode Transportation, Transjakarta, Service, Pemilihan Moda, Moda Transportasi, Layanan

Abstract

The period of COVID-19 pandemic has had an impact on the transportation sector. The government's policy is in an effort to stop the virus infection by limiting the number of operating fleets. When the policy began to be relaxed, the service underwent changes in response to new conditions. Therefore, it is necessary to evaluate the services provided at this time. This research aims to evaluate the Transjakarta Busway services and provide input for stakeholders in providing better services. This research method used is a survey method. The analysis has shown that the services provided during the pandemic have met user expectations, except for the punctuality of the arrival and departure of the fleet. Respondents said that the current tariff is in accordance with the service received, and does not mind a maximum tariff increase of 10%. The results of this study indicate that respondents are satisfied with the services provided by Transjakarta busways.

ABSTRAK

Masa pandemi Covid-19 yang panjang memberikan dampak terhadap sektor transportasi. Kebijakan pemerintah dalam upaya menghentikan penularan virus mengharuskan beberapa angkutan publik membatasi jumlah armada yang beroperasi. Saat kebijakan mulai dilonggarkan, layanan mengalami perubahan merespon kondisi pandemi. Oleh karena itu perlu dilakukan evaluasi terhadap layanan yang diberikan saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap layanan Busway Transjakarta dan memberikan masukan bagi pemangku kebijakan dalam menyediakan layanan yang lebih baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Hasil analisis dari data yang didapatkan terlihat bahwa layanan yang diberikan selama masa pandemi sudah memenuhi harapan pengguna, kecuali ketepatan waktu kedatangan dan keberangkatan armada. Berkaitan dengan tarif, responden merasakan bahwa tarif saat ini sudah sesuai dengan layanan yang diterima, dan tidak berkeberatan jika ada kenaikan maksimal 10%. Hasil penelitian ini menunjukkan responden sudah puas dengan layanan yang diberikan oleh busway Transjakarta.

Author Biographies

Annisa Fajriah Hasanah , Universitas Pradita

Program Studi Teknik Sipil
Universitas Pradita
Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng
Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Riska Wulandari , Universitas Pradita

Program Studi Teknik Sipil
Universitas Pradita
Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng
Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Jihan Sabila Wardhani, Universitas Pradita

Program Studi Teknik Sipil
Universitas Pradita
Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng
Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Gita Tresna Wiguna, Universitas Pradita

Program Studi Teknik Sipil
Universitas Pradita
Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng
Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810

Bella Koes Paulina Cantik, Universitas Pradita

Program Studi Teknik Sipil
Universitas Pradita
Scientia Business Park, Jl. Gading Serpong Boulevard No.1, Curug Sangereng
Kec. Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, Banten 15810
*) Corresponding author

Downloads

Published

01-10-2023