ANALISIS LAYANAN BUS RAPID TRANSIT DI KAWASAN PANTAI KUTA DARI TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT

Authors

  • Muhammad Hanan Dinanto Politeknik Transportasi Darat Bali
  • I Gede Angel Krisnanta Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Made Wildan Mahardika Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Devanty Eka Hapsari Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Putu Eka Suartawan Politeknik Transportasi Darat Bali

Keywords:

Bus Rapid Transit, Trans Metro Dewata, Bali Province, Teman Bus service, descriptive analysis, Provinsi Bali, layanan teman bus, analisis deskriptif

Abstract

The Trans Metro Dewata Bus Rapid Transit as a service from bus friends that accommodates the community has not fully answered transportation problems in Bali Province. The lack of public interest in using the bus friend service makes an evaluation for the government to improve or improve the quality of Bus Rapid Transit services in the Province of Bali. This study aims to evaluate the condition of the Trans Metro Dewata BRT service in the Kuta Beach area. The method in this study uses the questionnaire method and uses analysis in the form of descriptive analysis. The results of this study show that the Trans Metro Dewata BRT service implemented in the Province of Bali is quite good by getting an interest rate of 61% from respondents, but for the central parking area to Kuta Beach, respondents who have used Trans Metro Dewata BRT services are only 41.3%. Improving the quality of service by adding a supporting mode of BRT services makes 86.6% of respondents increase their interest in using Trans Metro Dewata. This is due to 37.3% of respondents choosing a more flexible mode to get to the Kuta Beach area.

ABSTRAK

Bus Rapid Transit Trans Metro Dewata sebagai layanan dari teman bus yang mengakomodasi masyarakat masih belum sepenuhnya menjawab permasalahan transportasi di Provinsi Bali. Sepinya minat masyarakat untuk menggunakan layanan teman bus menjadikan evaluasi bagi pemerintah untuk memperbaiki maupun meningkatkan kualitas pelayanan Bus Rapid Transit di Provinsi Bali. Kajian ini memiliki tujuan untuk melakukan evaluasi kondisi pelayanan BRT Trans Metro Dewata di kawasan Pantai Kuta. Metode dalam kajian ini menggunakan metode kuesioner dan menggunakan analisis berupa analisis deskriptif. Hasil kajian ini menunjukkan layanan BRT Trans Metro Dewata yang diterapkan di Provinsi Bali sudah cukup baik dengan mendapatkan tingkat minat dari responden sebesar 61%, namun untuk kawasan central parkir menuju Pantai Kuta responden yang pernah menggunakan layanan BRT Trans Metro Dewata hanya 41.3%. Meningkatkan kualitas layanan dengan menambahkan moda penunjang layanan BRT membuat 86.6% responden menambah besar minatnya untuk menggunakan Trans Metro Dewata. Hal tersebut disebabkan 37.3% responden memilih moda yang lebih fleksibel untuk menuju kawasan Pantai Kuta.

Author Biographies

Muhammad Hanan Dinanto, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

I Gede Angel Krisnanta, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Made Wildan Mahardika, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Devanty Eka Hapsari, Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Putu Eka Suartawan , Politeknik Transportasi Darat Bali

Program Studi Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582
*) Corresponding Author

Downloads

Published

01-10-2023