ANALISIS KINERJA LAYANAN LOGISTIK MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Authors

  • Derajad Sulistyo Widhyharto Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada
  • Joewono Soemardjito Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada
  • Hafid Lastito Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada
  • Jan Prabowo Harmanto Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada

Keywords:

Evaluation, performance, logistics, importance performance analysis, Evaluasi, kinerja, logistik

Abstract

Efficient and effective logistics service performance is a manifestation of a good system running. This can be
reflected in the six main driving forces that are the determining elements, namely the main commodities,
logistics service players and providers, transportation infrastructure, information and communication
technology, human resources, as well as regulations and institutions. This study aims to (1) determine the
current performance of the national logistics system; (2) identify factors that affect the performance of
logistics services; and (3) formulating strategies for improving logistics service performance within the
framework of implementing the national logistics system blueprint. This study uses the Importance and
Performance Analysis (IPA) technique to gain insight into the current logistics performance and the
expectations/importance of logistics services in the future. The results of the study indicate that the quality
criteria are considered to have the highest importance in the formation of logistics service performance,
followed sequentially, namely risk, cost, delivery, information, and flexibility.

ABSTRAK

Kinerja pelayanan logistik yang efisien dan efektif merupakan wujud dari berjalannya sistem yang baik. Hal
tersebut dapat tercermin dalam enam kekuatan pendorong utama yang menjadi elemen penentunya, yaitu
komoditas utama, pelaku dan penyedia jasa logistik, infrastruktur transportasi, teknologi informasi dan
komunikasi, sumber daya manusia, serta regulasi dan kelembagaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
mengetahui kinerja sistem logistik nasional saat ini; (2) mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi kinerja
pelayanan logistik; dan (3) memformulasikan strategi peningkatan kinerja pelayanan logistik dalam kerangka
implementasi cetak biru sistem logistik nasional/Sislognas. Studi ini menggunakan teknik Importance and
Performance Analysis untuk mendapatkan wawasan tentang kinerja logistik saat ini dan harapan/pentingnya
layanan logistik di masa depan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kriteria kualitas dipandang memiliki
bobot kepentingan tertinggi dalam pembentukan kinerja pelayanan logistik, disusul secara berurutan yaitu
risiko, biaya, pengiriman, informasi, dan fleksibilitas.

 

Author Biographies

Derajad Sulistyo Widhyharto, Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Universitas Gadjah Mada
Jl. Sosio Yustisia No.1, Bulaksumur
Kab. Sleman, DI Yogyakarta
*) Corresponding author

Joewono Soemardjito, Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Transportasi dan Logistik
Universitas Gadjah Mada
Jl. Kemuning Blok M3, Sekip
Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Hafid Lastito, Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Transportasi dan Logistik
Universitas Gadjah Mada
Jl. Kemuning Blok M3, Sekip
Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Jan Prabowo Harmanto, Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Transportasi dan Logistik
Universitas Gadjah Mada
Jl. Kemuning Blok M3, Sekip
Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

Downloads

Published

05-08-2023