ESTIMASI KINERJA JARINGAN JALAN KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2035
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v1i3.608Keywords:
EMME/3, MAT, Maximum Likelihood Method, Toll Road, V/C, Metode Kemiripan Maksimum, Jalan Tol, NVKAbstract
The increasing human needs will affect the movement and transportation problems. Sragen Regency is one of the areas passed by the Solo – Kertosono toll road so it affects the movement pattern. The purpose of this research is to estimate the performance of the road network in 2035 with the Solo – Kertosono toll road. Required data such a traffic volume obtained from traffic count and prior matrix and also the calculation of capacity according to MKJI 1997. Then entered into EMME/3 software and assigned to the road network. In the results of NVK in 2022, there are 15 unstable links; in 2035 there are 16 links. Movements in 2035 are influenced by existing movements and growth factors.
ABSTRAK
Semakin meningkatnya kebutuhan manusia maka akan memengaruhi pergerakan dan timbulnya masalah transportasi. Kabupaten Sragen merupakan salah satu daerah yang dilewati jalan Tol Solo – Kertosono sehingga memengaruhi pola pergerakan. Tujuan penelitian yaitu mengestimasi kinerja jaringan jalan pada tahun 2035 dengan adanya jalan Tol Solo – Kertosono. Data yang dibutuhkan seperti volume lalu lintas yang didapatkan dari traffic count dan prior matriks serta perhitungan kapasitas sesuai MKJI 1997. Kemudian dimasukkan ke software EMME/3 dan dibebani pada jaringan jalan. Hasil NVK tahun 2022 terdapat 15 ruas jalan yang tidak stabil dan tahun 2035 terdapat 16 ruas jalan. Pergerakan pada Tahun 2035 dipengaruhi oleh pergerakan eksisting dan faktor pertumbuhan.