ANALISIS TINGKAT PELAYANAN PEJALAN KAKI BERDASARKAN KARAKTERISTIK PEJALAN KAKI DAN KINERJA INFORMASI PENUMPANG PADA STASIUN DUKUH ATAS

Authors

  • Muhammad Abyan Raflipasya Universitas Indonesia
  • R. Ivan Adwitiya Universitas Indonesia
  • Jachrizal Sumabrata Universitas Indonesia

Keywords:

Level of Service, Pedestrian, Dukuh Atas Station, Tingkat Pelayanan, Pejalan Kaki, Stasiun Dukuh Atas

Abstract

Dukuh Atas Station area is a place where the Transit Oriented Development concept was developed. To maximize the TOD, good pedestrian facilities are needed. The purpose of the study was to analyze the level of pedestrian service, characteristics, and passenger information in the Dukuh Atas Station area. This type of research was conducted with a quantitative approach. The independent variables of this study were pedestrian time and pavement dimensions. The dependent variables of this study are speed, flow, density, pedestrian space, and level of service. The method of collecting data is by means of a field survey to measure the dimensions of the sidewalk and record pedestrian movements for 1 hour in the morning and 1 hour in the afternoon 1 location. Data processing is calculating pedestrian speed, flow, density, pedestrian space. The results of this study are the level of pedestrian service in the Dukuh Atas Station area.

ABSTRAK

Kawasan Stasiun Dukuh Atas merupakan tempat yang dikembangkan konsep Transiet Oriented Development. Untuk memaksimalkan TOD, dibutuhkannya fasilitas pejalan kaki yang baik. Tujuan penelitian untuk menganalisis tingkat pelayanan pejalan kaki, karakteristik, dan informasi penumpang pada kawasan Stasiun Dukuh Atas. Jenis penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel bebas penelitian ini adalah waktu pejalan kaki dan dimensi trotoar. Variabel terikat penelitian ini adalah kecepatan, arus, kepadatan, ruang pejalan kaki, dan tingkat pelayanan. Metode pengumpulan data dengan cara survei lapangan untuk mengukur dimensi trotoar dan merekam pergerakan pejalan kaki selama 1 jam pada pagi hari dan sore hari pada 3 lokasi, lalu dilanjutkan dengan perhitungan kecepatan dan jumlah pejalan kaki berdasarkan rekaman yang sudah didapat. Selanjutnya, dilakukan identifikasi terhadap informasi penumpang yang tersedia pada lokasi penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung kecepatan pejalan kaki, arus, kepadatan, ruang pejalan kaki. Hasil penelitian ini adalah tingkat pelayanan pejalan kaki pada kawasan Stasiun Dukuh Atas.

Author Biographies

Muhammad Abyan Raflipasya, Universitas Indonesia

Departemen Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
Kampus Baru UI Depok, Kukusan, Beji
Kota Depok, Jawa Barat, 16424

R. Ivan Adwitiya, Universitas Indonesia

Departemen Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
Kampus Baru UI Depok, Kukusan, Beji
Kota Depok, Jawa Barat, 16424

Jachrizal Sumabrata, Universitas Indonesia

Departemen Teknik Sipil
Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
Kampus Baru UI Depok, Kukusan, Beji
Kota Depok, Jawa Barat, 16424
*) Corresponding author

Downloads

Published

02-12-2023