PENATAAN JALAN ANGGREK PADA KAWASAN PASAR TEMPLEK DI KOTA BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v1i3.621Keywords:
V/C Ratio, Speed, Density, Level of Service, v/c rasio, kecepatan, kepadatan, tingkat pelayananAbstract
The condition of high side obstacles in the form of trade and parking activities on the road body will reduce the effective width of the road section from 6.9 meters to 3.2 meters with a V/C ratio of 0.69 and a speed of 11.33 km/h as well as a service level of C. The purpose of this study is to determine the best traffic engineering management scenario to maximize the role of the road as a vehicle traffic flow. The research method used is a quantitative method in the form of collecting primary data and secondary data obtained from the survey results and then analyzing based on MKJI 1997. Traffic volume on the Orchid Road section after scenario 2 traffic engineering management received a V/C ratio of 0.13 at a speed of 49 km/h and the service level of the section became A.
ABSTRAK
Kondisi hambatan samping yang tinggi berupa aktivitas perdagangan dan parkir pada badan jalan akan menurunkan lebar efektif ruas jalan dari 6,9 meter menjadi 3,2 meter dengan V/C rasio 0,69 dan kecepatan 11,33 km/jam serta tingkat pelayanan C. Tujuan dari adanya penelitian ini yaitu untuk menentukan skenario manajemen rekayasa lalu lintas terbaik guna memaksimalkan peran jalan sebagai arus lalu lintas kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa pengumpulan data primer dan data sekunder yang didapatkan dari hasil survei kemudian dilakukan analisis berdasarkan MKJI 1997. Volume lalu lintas pada ruas Jalan Anggrek setelah dilakukan skenario 2 manajemen rekayasa lalu lintas mendapatkan V/C rasio 0,13 dengan kecepatan 49 km/jam dan tingkat pelayanan ruas menjadi A.