PENGARUH LOCUS OF CONTROL DAN BOREDOM PRONENESS TERHADAP KEINGINAN MENAMBAH KECEPATAN PADA PENGEMUDI TRANS METRO DEWATA

Authors

  • Kadek Dandi Chandra Kusuma Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Putu Pande Widiari Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Kadek Surya Kencana Giri Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Dinda One Mulyaningtyas Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Surya Aji Ermanto Politeknik Transportasi Darat Bali

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v1i3.627

Keywords:

Boredom Proneness, Locus of Control, Speeding, Structural Equation Modelling, Trans Metro Dewata, Rawan Bosan, Lokus Kendali, Kecepatan

Abstract

Traffic Accident is an unexpected event involving a vehicle resulting in human casualties and loss of property. This study aims to determine the effect of locus of control on boredom proneness, the effect of boredom proneness on the desire to increase speed, and to determine the effect of locus of control on the desire to increase speed for Trans Metro Dewata drivers. The questionnaire is a way of collecting data that is done by giving several questions to the driver to answer. The distribution of the questionnaire was carried out online using the google form media. While locus of control and boredom proneness have a low effect on the desire to increase speed (12.7%). Based on the overall data from the SEM method, locus of control has a low effect on boredom proneness of 5%. Based on the overall data obtained from the SEM method, locus of control and boredom proneness affect the desire to increase speed by 12.70%.

ABSTRAK

Kecelakaan Lalu Lintas adalah peristiwa yang tidak diduga melibatkan kendaraan mengakibatkan korban manusia dan kerugian harta benda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh locus of control terhadap boredom proneness, pengaruh boredom proneness terhadap keinginan menambah kecepatan, dan mengetahui pengaruh locus of control terhadap keinginan menambah kecepatan pada pengemudi Trans Metro Dewata. Kuesioner adalah cara pengumpulan data yang dilakukan dengan memberikan beberapa pertanyaan kepada pengemudi untuk dijawab. Penyebaran kuesioner dilaksanakan secara online dengan media google form. Sedangkan locus of control dan boredom proneness berpengaruh rendah terhadap keinginan menambah kecepatan (12,7%). Berdasarkan data keseluruhan dari metode SEM, locus of control memiliki pengaruh rendah terhadap boredom proneness sebesar 5%. Berdasarkan data keseluruhan yang didapatkan dari metode SEM, locus of control dan boredom proneness mempengaruhi keinginan menambah kecepatan sebesar 12,70%.

Author Biographies

Kadek Dandi Chandra Kusuma, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Ni Putu Pande Widiari, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Kadek Surya Kencana Giri, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Dinda One Mulyaningtyas, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582

Surya Aji Ermanto, Politeknik Transportasi Darat Bali

Prodi Teknologi Otomotif
Politeknik Transportasi Darat Bali
Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati
Kabupaten Gianyar, Bali 80582
*) Corresponding author

Downloads

Published

02-12-2023