ANALISIS KINERJA PELAYANAN ANGKUTAN UMUM BUS TRANS METRO DEWATA KORIDOR 1

Authors

  • I Made Alam Kusumayana Politeknik Negeri Bali
  • Putu Hermawati Politeknik Negeri Bali
  • I Ketut Sutapa Politeknik Negeri Bali

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v1i3.628

Keywords:

Service performance, Consumer assessment, Public transport operations, Bus, Minimum service standard, Kinerja pelayanan, Penilaian konsumen, Operasional angkutan umum, Standar pelayanan minimal

Abstract

The purpose of this study was to determine service performance based on travel time, speed, intervening time, circulation time, load factor, and also to determine passenger characteristics and consumer assessment of service quality in operational Corridor 1 Trans Metro Dewata Bus. The method used in this research is quantitative and descriptive qualitative. This research was conducted on Corridor 1 with the route Central Parking Kuta - Pesiapan Terminal. Based on data obtained from observations in the field, distributing questionnaires, and dynamic surveys on the analysis of the performance of Trans Metro Dewata Public Transport Services, then the data is analyzed in the format provided. The results of the study show that the operation of the Trans Metro Dewata Bus shows that of the 5 analysis indicators used, only 3 indicators comply with the minimum service standards of the Technical Guidelines for the implementation of public passenger transportation in urban areas of the Department of Land Transportation, namely speed, travel time, and time between. The results of the consumer assessment of Trans Metro Dewata users show that the assessment of service quality with an average value of 3.93 is in the good category.

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja pelayanan berdasarkan waktu tempuh, kecepatan, waktu antara, waktu sirkulasi, faktor muatan, dan mengetahui karakteristik penumpang dan penilaian konsumen terhadap kualitas pelayanan pada operasional koridor 1 Bus Trans Metro Dewata. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada Kkridor 1 dengan rute Central Parkir Kuta - Terminal Pesiapan. Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil pengamatan di lapangan, penyebaran kuesioner, dan survei dinamis pada analisis Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Trans Metro Dewata, kemudian data tersebut dianalisis dalam format yang telah disediakan. Hasil penelitian menunjukan bahwa operasional Bus Trans Metro Dewata menunjukan bahwa dari 5 analisis indikator yang digunakan, hanya 3 indikator yang sesuai dengan standar pelayanan minimal dari Pedoman Teknis penyelenggaraan angkutan penumpang umum di wilayah perkotaan Departemen Perhubungan Darat, yaitu kecepatan, waktu tempuh, dan waktu antara. Hasil penilaian konsumen pengguna Trans Metro Dewata bahwa penilaian kualitas pelayanan dengan nilai rata-rata 3,93 pada kategori baik

Author Biographies

I Made Alam Kusumayana, Politeknik Negeri Bali

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Kampus Bukit Jimbaran, Jl. Raya Uluwatu No. 45, Jimbaran
Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80364

Putu Hermawati, Politeknik Negeri Bali

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Kampus Bukit Jimbaran, Jl. Raya Uluwatu No. 45, Jimbaran
Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80364
*) Corresponding author

I Ketut Sutapa, Politeknik Negeri Bali

Jurusan Teknik Sipil
Politeknik Negeri Bali
Kampus Bukit Jimbaran, Jl. Raya Uluwatu No. 45, Jimbaran
Kec. Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80364

Downloads

Published

02-12-2023