STRATEGI PENINGKATAN PROTEKSI DISTRIBUSI BARANG PADA JASA PENGIRIMAN KERAJINAN BALI
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i1.897Keywords:
Transportation Management System, crafts, logistics, kerajinan, logistikAbstract
Effective protection is needed in the distribution of goods, especially in handicrafts whose economic value can easily decrease due to damage that occurs during delivery. This study aims to analyze strategies for increasing the protection of goods distribution in Balinese handicraft delivery services through POMATE. The method used is a descriptive qualitative approach and literature review. The data used were obtained from field observations and literature studies related to the issues raised. This research will produce a system proposal that can be used to increase protection in the distribution of goods, especially in Balinese handicraft delivery services. The increase in protection referred to through POMATE is in the form of location accuracy, type of goods, quantity and quality of goods sent. The application of this system is expected to increase consumer loyalty to goods distribution service companies, improve operational efficiency, speed up order fulfillment time, reduce shipping costs.
ABSTRAK
Proteksi yang efektif diperlukan dalam pendistribusian barang terutama pada barang kerajinan yang nilai ekonominya mudah menurun akibat kerusakan yang terjadi saat pengiriman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan proteksi distribusi barang pada jasa pengiriman kerajinan Bali melalui POMATE. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dan literature review. Data yang digunakan diperoleh dari observasi lapangan dan studi literatur terkait dengan permasalahan yang diangkat. Pada penelitian ini akan menghasilkan sebuah usulan sistem yang dapat digunakan untuk meningkatkan proteksi dalam distribusi barang khususnya pada jasa pengiriman kerajinan Bali. Peningkatan proteksi yang dimaksud melalui POMATE berupa akurasi lokasi, jenis barang, kuantitas serta kualitas dari barang yang dikirim. Penerapan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan jasa distribusi barang, meningkatkan efisiensi operasi, mempercepat waktu pemenuhan pesanan, mengurangi biaya pengiriman.