KESELAMATAN SEBAGAI LAYANAN PALING PENTING HASIL ANALISIS KUESIONER LAYANAN BUS TRANS METRO DEWATA BALI

Authors

  • I Putu Gede Nova Wardana Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Chavia Maulina Habibah Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Ni Kadek Yunika Maheswari Politeknik Transportasi Darat Bali
  • Budi Mardikawati Politeknik Transportasi Darat Bali

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i1.908

Keywords:

Dewata Bali metro bus, quality of transportation, chi-square independence test, passenger, public transport services, Bus Metro Dewata Bali, Kualitas angkutan, uji independensi chi-kuadrat, Penumpang, Pelayanan Angkutan Umum

Abstract

Public transport accessibility is one of the solutions to dealing with traffic jams in Bali's tourism and urban
areas. The government realizes this effort by providing Trans Metro Dewata services as part of the bus network.
This study aims to determine the most dominant factor for the Trans Metro Dewata Bali Bus service. The
method used is a quantitative method. The data comes from primary sources, such as load factor surveys and
bus service quality. The bus service quality survey consists of two parts, namely, user characteristics and
service factors. Characteristic data were analyzed using the chi-square independence test to determine the effect
of characteristics on the intensity and purpose of the trip. Furthermore, a service quality survey is analyzed,
looking for services with the highest percentage. The analysis results show that recent education, income, and
employment affect the intensity and purpose of the trip. In the analysis of service quality, safety is the factor
with the highest percentage of respondents' choice. The benefits of the study can be used to improve the Trans
Metro Dewata Bus Management Service. 

ABSTRAK

Aksesibilitas angkutan umum menjadi salah satu solusi menghadapi kemacetan di wilayah pariwisata dan
perkotaan Bali. Usaha ini diwujudkan pemerintah melalui penyediaan jasa Trans Metro Dewata sebagai bagian
dari teman bus. Tujuan kajian mengetahui faktor layanan Bus Trans Metro Dewata Bali paling dominan.
Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan berasal dari data primer, berupa survei
load faktor dan kualitas layanan bus. Survei kualitas layanan bus terdiri 2 bagian, yaitu karakteristik pengguna
dan faktor layanan. Data karakteristik dianalisis menggunakan uji independensi chi-kuadrat, untuk mengetahui
pengaruh karakteristik terhadap intensitas dan tujuan perjalanan. Selanjutnya, survei kualitas layanan dianalisis
mencari layanan dengan persentase tertinggi. Hasil analisis diketahui pendidikan terakhir, pendapatan, dan
pekerjaan berpengaruh terhadap intensitas dan tujuan perjalanan. Pada analisis kualitas layanan, keselamatan
merupakan faktor persentase tertinggi pilihan responden. Manfaat kajian dapat digunakan perbaikan layanan
pengelola Bus Trans Metro Dewata.

Author Biographies

I Putu Gede Nova Wardana, Politeknik Transportasi Darat Bali

Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali

Chavia Maulina Habibah, Politeknik Transportasi Darat Bali

Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali

Ni Kadek Yunika Maheswari, Politeknik Transportasi Darat Bali

Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali

Budi Mardikawati, Politeknik Transportasi Darat Bali

Manajemen Transportasi Jalan
Politeknik Transportasi Darat Bali

Downloads

Published

30-04-2024