RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI ALASAN TERTINGGI MASYARAKAT BERMINAT PADA KENDARAAN KONVERSI HASIL KUESIONER
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i1.913Keywords:
Convertible Vehicles, Interests, Vehicles, chi-square test of independence, questionnaire, Kendaraan Konversi, Minat, Kendaraan, kuesionerAbstract
ABSTRAK
Keberadaan kendaraan listrik dapat dijadikan solusi atas permasalahan pencemaran lingkungan akibat gas karbon oleh kendaraan konvensional. Kajian ini bertujuan menganalisis minat masyarakat mengenai kendaraan konversi yang sedang gencar digalakkan pemerintah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuisoner secara daring. Data hasil kuesioner berupa informasi tentang karakteristik responden serta alasan responden untuk berminat atau tidak berminat menggunakan kendaraan konversi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji chi-square test of independence untuk mengetahui karakteristik responden yang berminat melakukan konversi kendaraan. Analisis alasan minat responden dilakukan dengan statistik deskriptif frekuensi yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil analisis menunjukkan karakteristik intensitas penggunaan kendaraan dan pengetahuan terhadap kendaraan konversi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam melakukan konversi kendaraan. Alasan paling tinggi responden berminat melakukan konversi kendaraan adalah ramah lingkungan. Hasil kajian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan sosialisasi mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan konversi.
ABSTRACT
The existence of electric vehicles can be used as a solution to the problem of environmental pollution due to carbon dioxide emissions from conventional vehicles. This study aims to analyze public interest in conversion vehicles that are being intensively promoted by the government. The method used is a quantitative method of distributing questionnaires online. Data from the questionnaire results in information about the characteristics of the respondents and their reasons for being interested or not in using a convertible. Data analysis was performed using the chi-square test of independence to determine the characteristics of respondents who are interested in converting vehicles. An analysis of the reasons for the respondents' interest was carried out using descriptive statistics of the frequency presented in the form of percentages. The results of the analysis show that the characteristics of the intensity of vehicle use and knowledge of convertible vehicles have an effect on people's interest in converting vehicles. The most common reason respondents are interested in converting vehicles is that they are environmentally friendly. The results of this study can be used as material for outreach inviting people to switch to convertible vehicles.