Aplikasi “Ruang Bersama”: Upaya Penanggulangan Sexual Harassment pada Angkutan Umum di DKI Jakarta

Authors

  • Misbahul Munir Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
  • Muhammad Kholid Muqorrobin Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
  • Riri Amanda Muhammad Yunus Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
  • Sri Sarjana Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

DOI:

https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i2.990

Keywords:

sexual harassment, public transport, incident reporting, ruang bersama, pelecehan seksual, angkutan umum, laporan kejadian

Abstract

Public transportation needs to consider aspects of security and comfort, especially related to sexual harassment, which can be developed through reporting facilities by the public. This study aims to determine the systematic reporting, work methods, and application testing to detect the occurrence of sexual harassment. The approach was developed through research and development using the Ruang Bersama application. The resulting application has four main features that users can utilize: report, emergency, ask, and information. The results of the tests recorded that all the features tested could be appropriately used, and reports from the public could be received by the call center and forwarded to the authorities to follow up on incidents quickly. Applications that monitor incidents of sexual harassment hope to be helpful and can be applied to all modes to ensure the safety and comfort of public transportation users.

ABSTRAK

Transportasi umum perlu mempertimbangkan aspek keamanan dan kenyamanan terutama terkait pelecehan seksual yang dapat dikembangkan melalui sarana pelaporan bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistematika pelaporan, cara kerja, dan pengujian aplikasi guna mendeteksi terjadinya pelecehan seksual. Pendekatan melalui research and development dikembangkan dalam penelitian dengan memanfaatkan aplikasi Ruang Bersama. Aplikasi yang dihasilkan terdapat empat fitur utama yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna meliputi fitur laporkan, darurat, tanyakan, dan fitur informasi. Hasil pengujian (Blackbox Testing) yang dilakukan tercatat semua fitur yang diuji dapat digunakan dengan baik dan laporan dari masyarakat bisa diterima oleh call center untuk diteruskan kepada pihak berwajib guna menindaklanjuti kejadian secara cepat. Diharapkan aplikasi yang dihasilkan dapat bermanfaat dan digunakan pada semua jenis moda transportasi demi menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna transportasi umum.

Author Biographies

Misbahul Munir, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

Prodi D-IV Transportasi Darat
Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
Jl. Raya Setu No.89, Cibuntu, Kecamatan Cibitung,
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520

Muhammad Kholid Muqorrobin, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

Prodi D-IV Transportasi Darat
Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
Jl. Raya Setu No.89, Cibuntu, Kecamatan Cibitung,
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520

Riri Amanda Muhammad Yunus, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

Prodi D-IV Transportasi Darat
Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
Jl. Raya Setu No.89, Cibuntu, Kecamatan Cibitung,
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520

Sri Sarjana, Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD

Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD
Jl. Raya Setu No.89, Cibuntu, Kecamatan Cibitung,
Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520

Corresponding author: sri.sarjana@ptdisttd.ac.id

Downloads

Published

31-05-2024