Analisis Perbandingan Kinerja Ruas Jalan Akibat Tata Guna Lahan Pasar Dengan Metode MKJI 1997 dan PKJI 2023 (Studi Kasus Ruas Jalan M.H. Thamrin Tabanan)
DOI:
https://doi.org/10.19184/berkalafstpt.v2i2.996Keywords:
road performance, MKJI 1997, PKJI 2023, kinerja ruas jalanAbstract
Effectiveness and efficiency of road performance refer to how well the road accommodates traffic volume. The aim of this research is to examine MKJI 1997 and PKJI 2023 in calculating urban road sections and compare the results with method surveys. The results obtained differences in capacity and free flow speed. Due to base capacity, the basic free-flow speed multiplier and the side resistance adjustment values are different. It also has an impact on speed values (Vlv/Vmp) and degree of saturation (Ds/Dj). The difference in results of the basic free flow speed multiplier and the side resistance adjustment factor values has an impact on the speed value (Fv/Vb). Validity test of Vlv and Vmp using a t-test (alpha 5%) on the results of calculating the VS speed. Results (p-value > 0.05) showed no significant difference in the determination of the average speed using a comparison graph of the degree saturation with the free flow velocity.
ABSTRAK
Efektivitas dan efisiensi kinerja ruas jalan mengacu pada baiknya suatu jalan menampung volume lalu lintas. Tujuan dilakukan penelitian untuk mengkaji lebih dalam mengenai Metode MKJI 1997 dan PKJI 2023 dalam perhitungan kinerja ruas jalan perkotaan serta membandingkan hasil dalam setiap faktor perhitungan kedua metode tersebut dengan metode survei. Hasil penelitian didapatkan perbedaan nilai kapasitas dan kecepatan arus bebas kedua metode. Dikarenakan perbedaan nilai kapasitas dasar, nilai faktor pengali kecepatan arus bebas dasar dan nilai faktor penyesuaian hambatan samping. Perbedaan nilai kapasitas dasar berdampak pada nilai kecepatan (Vlv/Vmp), derajat kejenuhan (Ds/Dj). Sedangkan perbedaan hasil nilai faktor pengali kecepatan arus bebas dasar maupun nilai faktor penyesuaian hambatan samping berdampak pada nilai kecepatan (Fv/Vb). Uji validitas hasil Vlv dan Vmp menggunakan t-test (alpha 5%) terhadap hasil perhitungan kecepatan VS. Diperoleh hasil (p-value > 0,05) sehingga penentuan kecepatan rata-rata menggunakan grafik perbandingan dari derajat kejenuhan dengan kecepatan arus bebas tidak terdapat perbedaan signifikan.