https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/issue/feed Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi 2024-04-30T21:29:44+07:00 Sonya Sulistyono berkala.fstpt@unej.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (Berkala FSTPT)</strong> merupakan jurnal sumber terbuka yang memuat artikel ilmiah bidang transportasi lintas disiplin ilmu. Diterbitkan bersama antara Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember dan Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi (FSTPT). Jurnal ini merupakan media bagi para Profesor, Akademisi, Peneliti, Mahasiswa dan Praktisi dalam mempublikasikan hasil riset eksperimental, teoritis maupun terapan yang dilengkapi dengan skema dan aspek metodologis. Diharapkan melalui jurnal ini dapat mempercepat dan menyebarkan bahasan-bahasan bidang transportasi pada moda transportasi darat, laut dan udara.</p> <p>Artikel yang dimuat pada Berkala Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi telah melalui <em>double blind review</em> yang ditinjau oleh rekan sejawat/penelaah ahli para professor dan doktor bidang transportasi di Indonesia yang tergabung dalam Organisasi Profesi FSTPT. Frekuensi terbitan 3 kali dalam satu tahun, dan jurnal diabstraksi dan di indeks: Google Scholar, Portal Garuda, dll.</p> https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/891 PENGEMBANGAN SISTEM APLIKASI DETEKSI KELENGKAPAN PENAMBAT PADA JALAN REL BERBASIS YOU ONLY LOOK ONCE VERSI 8 2024-04-29T18:54:04+07:00 Daud Daffa Harkansas daud.tep1930@taruna.ppi.ac.id Sunaryo sunaryo@ppi.ac.id Agustinus Prasetyo E. W. agustinus@ppi.ac.id <p>ABSTRAK<br>Gerakan dinamis roda kereta menimbulkan gaya lateral yang besar terhadap kedudukan rel. Selain itu aktivitas pencurian penambat oleh orang yang tidak bertanggung jawab juga dapat mempengaruhi kedudukan rel. Aplikasi <em>“Rail Fasteners Detector”</em> yang berbasiskan <em>You Only Look Once</em> versi ke-8 dapat mendeteksi kelengkapan dan membedakan jenis penambat kemudian direkam pada <em>data logger</em>. Hasil pengujian deteksi berdasarkan gambar menghasilkan nilai akurasi rata-rata tertinggi pada penambat E Clip yaitu 92,47% dengan nilai error (RMSE) juga paling rendah sebesar 0,77. Berdasarkan sumber video, hasil pengujian menghasilkan nilai akurasi tertinggi pada penambat Ka Clip yaitu sebesar 91,76% dengan nilai error (RMSE) juga paling rendah sebesar 0,1. Berdasarkan sumber <em>webcam</em>, hasil pengujian menghasilkan nilai akurasi tertinggi saat sudut pemasangan kamera sebesar 170° dengan kecepatan lori 15 km/jam dengan nilai akurasi 76,37%. Sementara nilai error (RMSE) paling rendah yaitu sudut pemasangan kamera sebesar 170° dengan kecepatan lori 25 km/jam memiliki nilai RMSE paling rendah sebesar 1,96.</p> <p>ABSTRACT</p> <p>The dynamic movement of the train wheels creates a large lateral force against the rail position. In addition, the theft of fasteners by irresponsible people can also affect the position of the rails. The "Rail Fasteners Detector" application based on the 8th version of You Only Look Once (YOLO) can detect completeness and distinguish the type of fasteners and then record them on the data logger. The results of the detection test based on the image produce the highest average accuracy value for the E Clip fastener, which is 92.47% with the lowest error value (RMSE) of 0.77. Based on the video source, the test results yielded the highest accuracy value for the Ka Clip fastener, which was 91.76% with the lowest error value (RMSE) of 0.1. Based on webcam sources, the test results yield the highest accuracy when the camera installation angle is 170° at a lorry speed of 15 km/hour with an accuracy value of 76.37%. While the lowest error value (RMSE), namely the camera installation angle of 170° at a lorry speed of 25 km/hour, has the lowest RMSE value of 1.96.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/912 PENGGUNAAN BUS TRANSPAKUAN (BISKITA) SEBAGAI SARANA REKREASI IBU DAN ANAK 2024-04-30T08:04:19+07:00 Muhammad Dzunurayn muhammaddzunurayn@gmail.com Prajna Paramita paramitaanyaa@gmail.com Rafli Pribadi suburboy7@gmail.com Roro Riri Angela roroririangela@yahoo.co.id Meiske Olivia Sudrajat meiskeolivia.s@gmail.com Annisa Rahma Damayanti annisarahmadmyt@gmail.com Hendro Prabowo hendroprabowo@staff.gunadarma.ac.id <p>ABSTRAK<br>Pada November 2021 lalu, pemerintah kota Bogor meresmikan layanan <em>bus rapid transit </em>di kota Bogor yaitu Biskita Transpakuan. Oleh masyarakat kota Bogor, fungsi Biskita sebagai alat transportasi kota berevolusi menjadi sarana rekreasi khususnya bagi pengguna dari kalangan Ibu dan anak. Pada riset ini, peneliti mendalami alasan dan sebab Ibu dan anak memilih Biskita sebagai sarana rekreasi dan bagaimana pengguna Biskita dari kalangan Ibu dan anak mendapatkan kesenangan saat menggunakan Biskita sebagai sarana rekreasi. Riset ini bertujuan untuk memberikan masukan yang bersifat aplikatif bagi para pihak terkait dalam upaya meningkatkan kenyamanan dan kualitas Biskita khususnya untuk kalangan Ibu dan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa tema terkait penggunaan Biskita sebagai sarana rekreasi Ibu dan anak yaitu kesenangan dan keamanan, sumber rekreatif pada Biskita, dan motif penggunaan Biskita sebagai sarana rekreasi.</p> <p>ABSTRACT<br>On November 2021, the Bogor city government inaugurated a rapid transit bus service in the city of Bogor, namely Biskita Transpakuan. By the local, the function of Biskita as a means of city transportation has evolved into a means of recreation, especially for users among mothers with children. In this research, researchers explored the reasons why mothers with children chose Biskita as a means of recreation and how Biskita users from among mothers with children get pleasure from using Biskita as a means of recreation. This research aims to provide input that is applicable to related parties in an effort to improve the comfort and quality of Biskita, especially for mothers and children. This study uses a phenomenological qualitative approach. The results of this study indicate several themes related to the use of Biskita as a means of recreation for mothers and children, namely pleasure and safety, recreational sources for Biskita, and motives for using Biskita as a means of recreation.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/913 RAMAH LINGKUNGAN SEBAGAI ALASAN TERTINGGI MASYARAKAT BERMINAT PADA KENDARAAN KONVERSI HASIL KUESIONER 2024-04-30T08:32:14+07:00 Sendy Fariz Ramadhan ramadhan.2103029@taruna.poltradabali.ic.id Muhammad Sa’dan Dardiri dardiri.2103026@taruna.poltradabali.ac.id Rizfani Agusta Arifin arifin.2101045@taruna.poltradabali.ic.id Budi Mardikawati mardikawati@poltradabali.ac.id <p>ABSTRAK<br>Keberadaan kendaraan listrik dapat dijadikan solusi atas permasalahan pencemaran lingkungan akibat gas karbon oleh kendaraan konvensional. Kajian ini bertujuan menganalisis minat masyarakat mengenai kendaraan konversi yang sedang gencar digalakkan pemerintah. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan penyebaran kuisoner secara daring. Data hasil kuesioner berupa informasi tentang karakteristik responden serta alasan responden untuk berminat atau tidak berminat menggunakan kendaraan konversi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji <em>chi-square test of independence</em> untuk mengetahui karakteristik responden yang berminat melakukan konversi kendaraan. Analisis alasan minat responden dilakukan dengan statistik deskriptif frekuensi yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil analisis menunjukkan karakteristik intensitas penggunaan kendaraan dan pengetahuan terhadap kendaraan konversi berpengaruh terhadap minat masyarakat dalam melakukan konversi kendaraan. Alasan paling tinggi responden berminat melakukan konversi kendaraan adalah ramah lingkungan. Hasil kajian ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan sosialisasi mengajak masyarakat untuk beralih ke kendaraan konversi.</p> <p>ABSTRACT<br>The existence of electric vehicles can be used as a solution to the problem of environmental pollution due to carbon dioxide emissions from conventional vehicles. This study aims to analyze public interest in conversion vehicles that are being intensively promoted by the government. The method used is a quantitative method of distributing questionnaires online. Data from the questionnaire results in information about the characteristics of the respondents and their reasons for being interested or not in using a convertible. Data analysis was performed using the chi-square test of independence to determine the characteristics of respondents who are interested in converting vehicles. An analysis of the reasons for the respondents' interest was carried out using descriptive statistics of the frequency presented in the form of percentages. The results of the analysis show that the characteristics of the intensity of vehicle use and knowledge of convertible vehicles have an effect on people's interest in converting vehicles. The most common reason respondents are interested in converting vehicles is that they are environmentally friendly. The results of this study can be used as material for outreach inviting people to switch to convertible vehicles.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/914 RANCANG BANGUN PENDETEKSI KEBOCORAN GAS LPG DAN KEBAKARAN PADA ANGKUTAN BARANG BERBAHAYA BERBASIS INTERNET OF THINGS 2024-04-30T08:46:58+07:00 Hafid Yusuf Ramadhan hayurabos@gmail.com Muhamad Munawirul Khija hayurabos@gmail.com Helmi Wibowo helmi.wibowo@pktj.ac.id Setia Hadi Pramudi setiahadipramudi@gmail.com Risky Hardimansyah rizki@pktj.ac.id <p>ABSTRAK<br>Kebocoran gas LPG pada angkutan barang berbahaya yang menyebabkan kebakaran pada kendaraan merupakan masalah kritis yang perlu penyelesaian segera. Jika dibiarkan, masalah ini dapat semakin meningkat, berakibat pada peningkatan kasus kebakaran kendaraan bermotor angkutan barang berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan kendaraan bermotor serta masyarakat sekitar. Sistem melibatkan pemasangan sensor gas dan sensor api yang terhubung dengan <em>Internet of Things </em>(IoT) melalui ESP8266, dengan aplikasi berbasis platform dan alarm. Sensor-sensor ini dapat mendeteksi kebocoran gas LPG atau perubahan suhu yang mengindikasikan adanya kebakaran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimental. Data yang dikumpulkan oleh sensor dikirimkan secara <em>real-time </em>ke platform untuk analisis dan tindakan responsif. Dengan sistem ini, diharapkan kebocoran gas LPG atau kebakaran dapat dideteksi lebih awal, memungkinkan tindakan pencegahan yang cepat dan efektif untuk menghindari kebakaran yang lebih besar dan kerugian yang potensial signifikan.</p> <p>ABSTRACT<br>LPG gas leaks in Dangerous Goods transport that cause fires in vehicles are critical problems that need immediate resolution. If left unchecked, this problem can increase, increasing in cases of motor vehicle fires transporting Dangerous Goods. This research aims to improve the safety and security of motor vehicles and the surrounding community. The system involves installing gas sensors and fire sensors connected to the Internet of Things (IoT) via ESP8266, with platform-based applications and alarms. These sensors can detect LPG gas leaks or temperature changes that indicate a fire. This research uses quantitative methods with experimental research types. Data collected by sensors is transmitted in real-time to the platform for analysis and responsive action. With this system, it is expected that LPG gas leaks or fires can be detected early, allowing for quick and effective preventive measures to avoid larger fires and potentially significant losses.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/889 PENGARUH VARIASI CAIRAN PENDINGIN (COOLANT) TERHADAP POTENSI OVERHEATING PADA ENGINE DIESEL (STUDI KASUS MITSUBISHI L300) 2024-04-29T18:40:35+07:00 Kadek Yogantara Santosa santosa.2001014@taruna.poltradabali.ac.id Aria Wichaksana cakwichak@gmail.com Muhammad Hendri Ardiansyah hendriardiansyah2003@gmail.com Aris Budi Sulistyo aris.budi@poltradabali.ac.id <p>The engine cooling system functions to prevent overheating and consequent damage to engine components. Engine heat arises from the combustion of fuel within the cylinders, which is utilized to generate power. This research was conducted due to the prevalent use of municipal tap water in radiators by the owners of Mandatory Motor Vehicle Test in the Surakarta city area. The study was carried out on a Mitsubishi Colt Diesel L300 vehicle, with engine revolutions of 2.500 and 3.100 rpm. The results indicated that tap water has the poorest heat exchange capacity compared to other coolants. This was evidenced at 2.500 rpm with the incoming radiator water temperature (Th<sub>1</sub>) of 90˚C, and 96.4˚C at 3.100 rpm, resulting in engine temperatures of 92.1˚C at 2500 rpm and 98.4˚C at 3.100 rpm. Meanwhile, the most effective coolant was the Prestie Radiator Coolant brand, with Th<sub>1</sub> at 2.500 rpm of 74.6˚C and at 3.100 rpm of 78.2˚C, resulting engine operating temperatures of 84.7˚C at 2.500 rpm and 88.8˚C at 3.100 rpm.</p> <p><strong>ABSTRAK&nbsp;</strong></p> <p>Sistem pendingin mesin berfungsi untuk menghindari overheating dan menyebabkan kerusakan komponen mesin. Panas mesin timbul dari pembakaran bahan bakar dalam silinder yang dimanfaatkan untuk menghasilkan tenaga. Penelitian ini dilakukan karena banyak pemilik Kendaraan Bermotor Wajib Uji (KBWU) di wilayah Kota Surakarta menggunakan air PDAM untuk radiator. dilakukan pada kendaraan Mitsubishi Colt Diesel L300 dengan variasi putaran mesin 2.500 dan 3.100 rpm. Hasil penelitian menunjukan bahwa air PDAM memiliki daya tukar kalor terburuk dibandingkan cairan pendingin lainnya. Hal tersebut dibuktikan pada putaran 2.500 rpm dengan suhu air masuk ke radiator (Th<sub>1</sub>) sebesar 90˚C, dan 96,4˚C pada 3.100 rpm, sehingga temperatur mesin menjadi 92,1˚C pada 2.500 rpm dan 98,4˚C pada 3.100 rpm. Sementara cairan pendingin paling efektif adalah merk Prestie Radiator Coolant dengan Th<sub>1</sub> pada 2.500 rpm sebesar 74,6˚C dan pada 3.100 rpm sebesar 78,2 ˚C, sehingga suhu kerja mesin menjadi 84,7˚C pada 2.500 rpm dan 88,8 ˚C pada 3.100 rpm.</p> <p>&nbsp;</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/898 ANALISIS RISIKO KEGIATAN BONGKAR MUAT PETIKEMAS DI PT X DENGAN METODE HIRARC UNTUK MENGURANGI KECELAKAAN KERJA 2024-04-29T22:29:27+07:00 I Gusti Ngurah Devaraldo Ramandaputra Devaraldo33@gmail.com Dynes Rizky Navianti dynes@poltradabali.ac.id Ilham Muhammad Insani ilhamsecret057@gmail.com Gede Dinar Wangsa Gededinar4@gmail.com I Wayan Suadarma iwayansuadarma@gmail.com <p>In 2021 the number of work accidents in Indonesia reached 234,370 cases which has increased from the previous year 2020, namely 221,740 cases. Simultaneously with an increase in the flow of containers which in 2022 will grow by 1.08% compared to 2021, it can increase the risk of accidents in container loading and unloading activities. This study aims to determine and reduce the risks that exist in PT. X. This study uses the HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control) method. This research was conducted based on 11 expert K3 sources (2 people), Forman (1 person), Tally (1 person), worker (3 people), loading and unloading operators (1 person), head truck operators (1 person), RTG operators ( 1 person), ARTG operator (1 person). research results PT X has 36 risks in container loading and unloading activities, has 22 low categories with a percentage of 61%, 12 categories moderate with a percentage of 33%, and 2 high categories with a percentage of 6% in activities namely opening and closing hatches, stevedoring, cargodoring, receiving and deliveries.</p> <p><strong>ABSTRAK&nbsp;</strong></p> <p>Pada Tahun 2021 angka kecelakaan kerja di Indonesia mencapai angka 234.370 kasus dimana mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya 2020 yaitu 221.740 kasus. Bersamaan dengan kenaikan arus peti kemas dimana pada tahun 2022 tumbuh sebesar 1,08% dibandingkan tahun 2021 dapat meningkatkan risiko keelakaan pada kegiatan bongkar muat peti kemas. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mengurangi risiko yang terdapat pada PT. X. penelitian ini menggunakan metode HIRARC (Hazard Identification Risk Assesment dan Risk Control). Penelitian ini dilakukan berdasarkan 11 narasumber Ahli K3 (2 orang), Forman (1 orang), Tally (1 orang), KRK dan TKBM (3 orang), operator bongkar muat (1orang), operator head truck (1orang),&nbsp; operator RTG (1 orang), operator ARTG (1orang). hasil penelitian PT X memiliki 36 risiko dalam kegiatan bongkar muat petikemas, memiliki 22 kategori low dengan presentase 61%, 12&nbsp; kategori moderate dengan presentase 33%, dan 2 kategori high dengan presentase 6% pada kegiatan yaitu buka tutup palka, stevedoring, cargodoring, recieving dan delivery.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/900 ANALISIS DAERAH RAWAN KECELAKAAN (STUDI KASUS: JALAN JENDRAL SUDIRMAN) DAN USIA PENGENDARA YANG PALING BANYAK MENGALAMI KECELAKAAN DI KOTA YOGYAKARTA 2024-04-29T22:45:45+07:00 Made Wildan Mahardika wildanmahardika88@gmail.com Gusti Ngurah Bagus Dipa Danendra dipadanendra08@gmail.com Marin Venda Donovan marinvendad27@gmail.com Putu Eka Suartawan putu.eka@poltradabali.ac.id <p>A traffic accident is an unexpected event that involves motorists, motorized vehicles, pedestrians experiencing loss and property damage. Traffic accidents can occur in a variety of situations, including on highways, intersections and parking areas. Inadequate road facilities and the age factor are the causes of traffic accidents. This study aims to determine the accident-prone areas and the age of the drivers of the accident victims in the city of Yogyakarta. According to accident data for 2018 – 2021, data were obtained using descriptive methods and secondary data to identify vulnerable areas which were analyzed using the Z-Score and ranking method. The results of the analysis show that there are accident-prone areas on Jalan Jendral Sudirman with a total of 66 incidents of accidents and the age of the drivers of the accident victims shows an age range of 20 – 24 years with 546 cases.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian tidak terduga yang melibatkan pengendara, kendaraaan bermotor, pejalan kaki mengalami kerugian dan kerusakan properti. Kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dalam berbagai situasi, termasuk di jalan raya, persimpangan, dan area parkir. Fasilitas jalan yang kurang memenuhi dan faktor usia menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan daerah rawan kecelakaan dan usia pengendara terhadap korban kecelakaan di Kota Yogyakarta. Menurut data kecelakaan tahun 2018 – 2021, diperoleh data dengan metode deskriptif dan data sekunder untuk mengetahui daerah rawan yang dianalisis menggunakan metode Z-Score dan perangkingan. Hasil analisis menunjukkan bahwa daerah rawan kecelakaan terdapat di ruas Jalan Jendral Sudirman dengan total 66 kejadian kecelakaan dan usia pengendara terhadap korban kecelakaan menunjukkan rentang usia 20 – 24 tahun dengan 546 kasus.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/902 PERBANDINGAN METODOLOGI DAN HASIL ANALISIS KAPASITAS JALAN BERDASARKAN MKJI 1997 DAN PKJI 2023 STUDI KASUS : RUAS JALAN DIPONEGORO, KABUPATEN BONDOWOSO 2024-04-29T22:54:47+07:00 Icha Maleka Widodo Ichamalekawidodo711@gmail.com Aswin Badarudin Atmajaya aswin@poltradabali.ac.id Wildan Aditya Nugraha wildannugraha100@gmail.com Mohammad Eja Raharja ejaraharja22@gmail.com <p>Problems can occur in traffic, one of which is congestion. Congestion is caused by an increase in traffic volume on the road. To analyze the road capacity and traffic performance of a road section, it can be done by using the 1997 MKJI and 2023 PKJI methods. The 2023 PKJI replaces the 1997 MKJI and presents changes in the road capacity analysis methodology. The differences between the two methods include changes to the calculation of road capacity, use of sophisticated traffic models, introduction of new variables that affect capacity, and adjustment of analysis parameters. The purpose of this study was to compare the methodology and the results of the analysis of road capacity according to MKJI 1997 and PKJI 2023. In this study, we took samples on Jalan Diponegoro, which is located in Bondowoso Regency. There are differences in adjustment factors, namely the basic free flow speed of side barriers, city size, basic capacity, lane width, and direction separators and there are differences in the final results, namely road capacity and free flow speed.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Permasalahan dapat terjadi pada lalu lintas, salah satunya adalah kemacetan. Kemacetan disebabkan karena adanya peningkatan volume lalu lintas pada ruas jalan. Untuk menganalisis kapasitas jalan dan kinerja lalu lintas suatu ruas jalan dapat dilakukan dengan mengguakan metode MKJI 1997 dan PKJI 2023. PKJI 2023 menggantikan MKJI 1997 dan menghadirkan perubahan dalam metodologi analisis kapasitas jalan. Perbedaan kedua metode tersebut mencakup perubahan perhitungan kapasitas jalan, penggunaan model lalu lintas yang canggih, pengenalan variabel baru yang mempengaruhi kapasitas, dan penyesuaian parameter analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan metodologi dan hasil analisis kapasitas jalan menurut MKJI 1997 dan PKJI 2023 yang pada penelitian ini kami mengambil sampel pada ruas Jalan Diponegoro yang terletak pada Kabupaten Bondowoso. Terdapat perbedaan faktor penyesuaian yakni kecepatan arus bebas dasar hambatan samping, ukuran kota, kapasitas dasar, lebar jalur, dan pemisah arah serta terdapat perbedaan hasil akhir yakni pada kapasitas jalan dan kecepatan arus bebas.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/903 PREFERENSI PEMILIHAN TUJUAN PERJALANAN BUS LISTRIK DI KAWASAN PERUMAHAN KOTA BANDUNG 2024-04-29T23:05:37+07:00 Melati Vanessa Damayanthi 6101901131@student.unpar.ac.id Tri Basuki Joewono vftribas@unpar.ac.id Patricia Hartieni Patricia.hart@unpar.ac.id <p>This study emphasizes the significance of advancing the utilization of electric buses as an eco-friendly<br>transportation alternative. Addressing the environmental and energy challenges conventional motor vehicles<br>pose, the study focuses on electric bus modeling while integrating travel destination preferences. The research<br>enhances a greener and more efficient electric bus system by linking travel purposes with behavior patterns.<br>This work aids sustainable transportation infrastructure development, concentrating on route selection in<br>residential areas. The study was conducted in Kota Baru Parahyangan, Summarecon Bandung, and Taman<br>Kopo Indah, employing purposive and snowball sampling. The discriminant analysis classification method<br>assessed travel destinations based on activity-based travel types, revealing 74 respondents favoring<br>diskresioner travel, 91 opting for mandatory travel, and 95 selecting both for electric bus usage within<br>residential localities. This research offers insights for fostering sustainable transportation solutions tailored to<br>community needs.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penggunaan bus listrik sebagai moda transportasi alternatif penting untuk dikembangkan lebih lanjut untuk<br>mengurangi produksi kendaraan bermotor berbahan bakar konvensional yang dapat menyebabkan<br>permasalahan lingkungan dan energi. Pemodelan bus listrik memerlukan aspek pemilihan rute yang berkaitan<br>pada tujuan perjalanan. Memahami tujuan perjalanan terhadap pola perjalanan memungkinkan pengembangan<br>sistem transportasi bus listrik yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Dengan demikian, penelitian ini dapat<br>memberikan kontribusi dalam mendukung pengembangan dan peningkatan infrastruktur transportasi yang<br>berkelanjutan dan memfokuskan pada kebutuhan masyarakat di kawasan perumahan dalam hal pemilihan rute.<br>Penelitian dilaksanakan di Kota Baru Parahyangan, Summarecon Bandung, dan Taman Kopo Indah dengan<br>metode purposive sampling dan snowball sampling. Analisis tujuan perjalanan berdasarkan jenis perjalanan<br>berbasis aktivitas menggunakan metode klasifikasi analisis diskriminan sehingga diperoleh hasil<br>pengelompokan adalah sebanyak 74 responden memilih perjalanan diskresioner, 91 responden memilih<br>perjalanan wajib dan 95 responden memilih keduanya saat menggunakan bus listrik di kawasan perumahan.</p> <p>&nbsp;</p> <p>&nbsp;</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/905 KARAKTERISTIK PERILAKU PERJALANAN PENGGUNA BUS ELEKTRIK PADA KAWASAN PERUMAHAN DI KOTA BANDUNG 2024-04-29T23:35:36+07:00 Christina Yasinta Br.S.D christinasembiring16@gmail.com Tri Basuki Joewono vftribas@unpar.ac.id Patricia Hartieni patricia.hart@unpar.ac.id <p>This study aims to analyze the travel behavior characteristics of electric bus users in residential areas of<br>Bandung City. Electric buses are becoming increasingly popular in major cities due to their eco-friendly nature,<br>offering a viable alternative for transportation. Given the growing concern for the environment and rising traffic<br>congestion issues, investigating the implementation of electric buses as a public transportation option in<br>residential areas becomes crucial. This research was conducted through a survey involving residents in<br>residential areas in Bandung City. The collected data included user profiles, preferences for choosing electric<br>buses, frequency of usage, and travel distances. The analysis was performed using cluster analysis, which<br>grouped each cluster based on their preferences and travel characteristics. By understanding the travel behavior<br>characteristics of electric bus users, further development strategies can be implemented to optimize services<br>and increase public participation in this environmentally friendly mode of transportation.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik perilaku perjalanan pengguna bus elektrik pada<br>kawasan perumahan di Kota Bandung. Bus elektrik adalah salah satu alternatif transportasi ramah lingkungan<br>yang semakin populer di kota-kota besar. Dalam konteks yang semakin meningkatnya kepedulian terhadap<br>lingkungan dan peningkatan masalah kemacetan lalu lintas, penerapan bus elektrik sebagai sarana transportasi<br>umum di kawasan perumahan menjadi penting untuk dipelajari. Penelitian ini dilakukan melalui survei yang<br>melibatkan penghuni kawasan perumahan di Kota Bandung. Data yang dikumpulkan meliputi profil pengguna,<br>preferensi memilih bus elektrik, frekuensi penggunaan, dan jarak perjalanan. Analisis dilakukan dengan<br>analisis cluster yang dapat mengelompokkan tiap cluster berdasarkan preferensi dan karakteristik<br>perjalanannya. Dengan memahami karakteristik perilaku perjalanan pengguna bus elektrik, strategi<br>pengembangan lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengoptimalkan layanan dan meningkatkan partisipasi<br>masyarakat dalam penggunaan transportasi ramah lingkungan ini.<strong><br></strong></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/906 ANALISIS PREFERENSI PENGGUNA MOBIL TERHADAP ANGKUTAN LRT CIBUBUR-PONDOK CINA KOTA DEPOK 2024-04-29T23:43:51+07:00 Syifa Farhani Ramadhan syifarhanir@gmail.com Alvinsyah alvinsyah2004@gmail.com <p>The Depok City Government plans to provide the Cibubur-Pondok Cina LRT transit service. The purpose of this study is to analyze the preference of car users in Depok City towards the Cibubur-Pondok Cina LRT plan. This study uses a binary logit model built based on stated preference (SP) survey data as an analysis tool. In the formation of utility functions with logistic regression, the selection of significant variables is based on the results of the Spearman correlation test and the stepwise test. The best utility function is determined through a feasibility test and validity test. The results of the preference analysis with the constructed binary logit model showed that 80.77% of car users with internal trips in Depok City would potentially use the Cibubur Pondok Cina LRT with a fare of Rp10,000.00.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pemerintah Kota Depok berencana untuk menyediakan layanan angkutan LRT Cibubur-Pondok Cina. Tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis preferensi pengguna mobil di Kota Depok terhadap rencana LRT Cibubur-Pondok Cina. Penelitian ini menggunakan model logit biner yang dibangun berdasarkan data hasil<br>survei stated preference (SP) sebagai perangkat analisis. Dalam pembentukan fungsi utilitas dengan regresi logistik, pemilihan variabel yang signifikan didasarkan atas hasil uji korelasi Rank Spearman dan uji stepwise. Fungsi utilitas terbaik ditentukan melalui uji kelayakan dan uji validitas. Hasil analisis preferensi dengan model<br>logit biner yang dibangun, menunjukkan bahwa 80,77% pengguna mobil dengan perjalanan internal di Kota Depok berpotensi untuk menggunakan LRT Cibubur-Pondok Cina dengan tarif Rp10.000,00.<strong><br></strong></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/907 PREFERENSI PENUMPANG KERETA API CIKURAY (GARUT KOTA-PASAR SENEN PP) 2024-04-29T23:50:36+07:00 Rizki Yusuf Erlangga rizkiyusufe@gmail.com Lely Syiddatul Akliyah lelysyiddatul.a@gmail.com Tonny Judiantono judiantono@gmail.com <p>Cikuray train is an economy class train that serves Garut Kota, West Java province, to Pasar Senen station in Jakarta. The train has operated since early 2022 and shows a significant passenger increase. Amid the many choices of modes for this route, it is interesting to study the preferences of the train passenger in terms of the choice of modes. This study aims to determine the preferences of passengers using this train from Garut to Jakarta and other cities that it passes. Questionnaires were distributed to 211 passengers using cluster random sampling and assessed by the Likert scoring method and descriptive statistics on the reasons for using the train and first and last-mile modes. The analysis results show that ease of access, comfort, and safety are the main factors of choice; travel time and frequency of departure are the last considerations.</p> <p><strong>ABSTRAK<br></strong></p> <p>KA Cikuray merupakan kereta api kelas ekonomi yang melayani rute Garut Kota, Provinsi Jawa Barat hingga Stasiun Pasar Senen di Jakarta. Kereta api tersebut telah beroperasi sejak awal tahun 2022 dan menunjukkan peningkatan penumpang yang signifikan. Di tengah banyaknya pilihan moda pada jalur ini, menarik untuk mengkaji preferensi pilihan moda penumpang kereta api ini. Penelitian ditujukan untuk mengetahui preferensi penumpang yang menggunakan kereta api ini dari Garut menuju Jakarta dan kota-kota lain yang dilaluinya. Kuesioner dibagikan kepada 211 penumpang secara cluster random sampling, dan dinilai dengan metoda Likert, serta statistik deskriptif terhadap alasan penggunaan kereta api serta moda first dan last mile nya. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemudahan akses, kenyamanan, dan keamanan menjadi faktor utama pilihan, sedangkan waktu tempuh dan frekuensi keberangkatan menjadi pertimbangan terakhir.<strong><br></strong></p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/908 KESELAMATAN SEBAGAI LAYANAN PALING PENTING HASIL ANALISIS KUESIONER LAYANAN BUS TRANS METRO DEWATA BALI 2024-04-30T00:09:03+07:00 I Putu Gede Nova Wardana novawardana611@gmail.com Chavia Maulina Habibah chaviahabibah03@gmail.com Ni Kadek Yunika Maheswari yunikamaheswari@gmail.com Budi Mardikawati mardikawati@poltradabali.ac.id <p>Public transport accessibility is one of the solutions to dealing with traffic jams in Bali's tourism and urban <br>areas. The government realizes this effort by providing Trans Metro Dewata services as part of the bus network. <br>This study aims to determine the most dominant factor for the Trans Metro Dewata Bali Bus service. The <br>method used is a quantitative method. The data comes from primary sources, such as load factor surveys and <br>bus service quality. The bus service quality survey consists of two parts, namely, user characteristics and <br>service factors. Characteristic data were analyzed using the chi-square independence test to determine the effect <br>of characteristics on the intensity and purpose of the trip. Furthermore, a service quality survey is analyzed, <br>looking for services with the highest percentage. The analysis results show that recent education, income, and <br>employment affect the intensity and purpose of the trip. In the analysis of service quality, safety is the factor <br>with the highest percentage of respondents' choice. The benefits of the study can be used to improve the Trans <br>Metro Dewata Bus Management Service.&nbsp;</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Aksesibilitas angkutan umum menjadi salah satu solusi menghadapi kemacetan di wilayah pariwisata dan <br>perkotaan Bali. Usaha ini diwujudkan pemerintah melalui penyediaan jasa Trans Metro Dewata sebagai bagian <br>dari teman bus. Tujuan kajian mengetahui faktor layanan Bus Trans Metro Dewata Bali paling dominan. <br>Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan berasal dari data primer, berupa survei <br>load faktor dan kualitas layanan bus. Survei kualitas layanan bus terdiri 2 bagian, yaitu karakteristik pengguna <br>dan faktor layanan. Data karakteristik dianalisis menggunakan uji independensi chi-kuadrat, untuk mengetahui <br>pengaruh karakteristik terhadap intensitas dan tujuan perjalanan. Selanjutnya, survei kualitas layanan dianalisis <br>mencari layanan dengan persentase tertinggi. Hasil analisis diketahui pendidikan terakhir, pendapatan, dan <br>pekerjaan berpengaruh terhadap intensitas dan tujuan perjalanan. Pada analisis kualitas layanan, keselamatan <br>merupakan faktor persentase tertinggi pilihan responden. Manfaat kajian dapat digunakan perbaikan layanan <br>pengelola Bus Trans Metro Dewata.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/909 ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PENUMPANG TERHADAP KINERJA BUS TRANS PATRIOT BEKASI DENGAN METODE FUZZY LOGIC 2024-04-30T00:21:50+07:00 Aji Trio Pamungkas ajitriopamungkas@gmail.com Reza Yoga Anindita reza@pktj.ac.id Riza Phahlevi Marwanto riza.phahlevi@pktj.ac.id Nurul Fitriani nurul.fitriani@pktj.ac.id I Made Suraharta suraharta@pktj.ac.id <p>Over the past three years (2019-2021), Trans Patriot buses have experienced a decline in passenger numbers. <br>As a result, corridors 2 and 3 were closed. Anticipating a decline in passenger numbers in the future, research <br>on passenger satisfaction with bus performance is needed. The research aims to analyze passenger satisfaction <br>performance and provide recommendations for optimizing Trans Patriot bus corridor 1 using fuzzy logic and <br>MATLAB software. The analysis indicates medium-category passenger satisfaction. Proposed treatments for <br>bus performance include a frequency of 9 vehicles/hour, a minimum mileage of 252 km/vehicle per day, a <br>headway of 7 minutes, and a number of 9 ranks/day.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Selama tiga tahun terakhir (2019-2021), Bus Trans Patriot telah mengalami penurunan jumlah penumpang,<br>akibatnya koridor 2 dan 3 ditutup. Mengantisipasi terjadinya penurunan jumlah penumpang di masa <br>mendatang, penelitian mengenai kepuasan penumpang terhadap kinerja bus sangat diperlukan. Penelitian <br>bertujuan untuk menganalisis kepuasan penumpang, kinerja, dan memberikan rekomendasi optimalisasi Bus <br>Trans Patriot koridor 1 menggunakan logika fuzzy dan software MATLAB. Hasil penelitian menunjukkan <br>bahwa tingkat kepuasan penumpang berada di kategori sedang. Usulan penanganan terhadap kinerja bus antara <br>lain frekuensi 9 kend/jam, jarak tempuh minimal 252 km/kendaraan per hari, headway 7 menit, dan jumlah rit <br>9 rit/hari.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/910 LAYANAN TERMINAL PARE BERADA PADA POSISI KEEP UP THE GOOD WORK HASIL ANALISIS KUESIONER MENGGUNAKAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS 2024-04-30T00:29:26+07:00 Kadek Ayu Sutrisna Dewi dewi.2103019@taruna.poltradabali.ac.id Rizka Amelia amelia.2203023@taruna.poltradabali.ac.id Rafli Firman Maulana maulana.2201018@taruna.poltradabali.ac.id Budi Mardikawati mardikawati@poltradabali.ac.id <p>Pare Terminal will change its function to Type B Terminal in 2022. There has been no study of the services <br>provided by the terminal management. The study aims to determine the terminal user satisfaction index. The <br>method used is quantitative to determine the public's response to the services provided by the terminal manager. <br>Data was obtained from the results of a questionnaire distributed online. There are three groups of elements: <br>employee services, facilities, and infrastructure, as well as costs and ease of service procedures. Each element <br>is detailed with several service component questions. Respondents' results were analyzed using Importance <br>Performance Analysis (IPA). The results of the analysis show that several services need improvement because <br>they are in quadrant I, namely: provision of rubbish bins along the Pare Terminal Road; availability of <br>complaint/criticism/suggestion compliant facilities for passengers; provision of first aid equipment inside the <br>Pare Terminal; availability of parking/vehicle storage; and traffic signs at Pare Terminal. There is also <br>information on fleet ticket prices at Pare Terminal. The study results can be useful for terminal managers to <br>improve their performance.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Terminal Pare beralih fungsi menjadi Terminal Tipe B pada tahun 2022. Belum ada kajian tentang layanan <br>yang diberikan oleh pengelola terminal. Kajian bertujuan mengetahui indeks kepuasan pengguna terminal. <br>Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk mengetahui respons masyarakat terhadap layanan <br>yang diberikan oleh pengelola terminal. Data diperoleh dari hasil kuesioner yang disebarkan secara online. <br>Terdapat 3 kelompok unsur, yaitu pelayanan pegawai, sarana dan prasarana, serta biaya, dan kemudahan <br>prosedur pelayanan. Setiap unsur dirinci dengan beberapa pertanyaan komponen layanan. Hasil responden <br>dianalisis menggunakan Importance Performance Analysis (IPA). Diperoleh hasil analisis diketahui beberapa <br>layanan perlu perbaikan karena berada pada kuadran I, yaitu: penyediaan tempat sampah di sepanjang jalan <br>Terminal Pare, ketersediaan fasilitas pengaduan keluhan/kritik/saran bagi penumpang, penyediaan <br>perlengkapan P3K di dalam Terminal Pare, tersedianya tempat parkir/penitipan kendaraan dan rambu-rambu <br>lalu lintas di Terminal Pare, dan terdapat informasi harga tiket armada yang ada di Terminal Pare. Hasil kajian <br>dapat bermanfaat bagi pengelola Terminal untuk meningkatkan kinerjanya.&nbsp;</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/911 PELUANG EFISIENSI DISTRIBUSI KOMODITAS EKSPOR MELALUI PENINGKATAN AKSES INFRASTRUKTUR TRANSPORTASI (STUDI KASUS: KOMODITAS KOPI GAYO, ACEH) 2024-04-30T00:35:11+07:00 Joewono Soemardjito joewono_itok@ugm.ac.id <p>Transportation infrastructure plays an important role as a driving sector and lever of economic activity, <br>ensuring connectivity inter-regions and facilitating the flow of goods effectively and efficiently. This paper <br>explores opportunities to improve the distribution efficiency of local key commodities with export value in the <br>central part of Aceh, namely Gayo coffee. This paper illustrates and describes the existing distribution process <br>of the commodity of Gayo coffee, from the origin of production to the export node. There are indications of <br>new opportunities to improve the efficiency of commodity distribution through increasing access to the <br>transportation infrastructure.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Infrastruktur transportasi memegang peran penting sebagai sektor pendorong dan pengungkit aktivitas <br>ekonomi, menjamin konektivitas antar wilayah serta memperlancar arus barang secara efektif dan efisien. <br>Makalah ini mengeksplorasi peluang peningkatan efisiensi distribusi komoditas kunci lokal bernilai ekspor di <br>wilayah Aceh bagian tengah, yaitu kopi Gayo. Dalam makalah ini digambarkan dan dijelaskan proses distribusi <br>komoditas kopi Gayo mulai dari lokasi asal produksi menuju simpul ekspor. Terdapat indikasi peluang baru <br>dalam rangka meningkatkan efisiensi distribusi komoditas melalui peningkatan akses infrastruktur transportasi.&nbsp;</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/897 STRATEGI PENINGKATAN PROTEKSI DISTRIBUSI BARANG PADA JASA PENGIRIMAN KERAJINAN BALI 2024-04-29T22:19:48+07:00 Dewa Ayu Ambari Putri Ambarputri174@gmail.com Ahmad Soimun soimun@poltrada.ac.id Ketut Dian Dharmaswari dharmaswaridian@gmail.com Martha Olivia Pama Pangaribuan Tata42624@gmail.com <p>Effective protection is needed in the distribution of goods, especially in handicrafts whose economic value can easily decrease due to damage that occurs during delivery. This study aims to analyze strategies for increasing the protection of goods distribution in Balinese handicraft delivery services through POMATE. The method used is a descriptive qualitative approach and literature review. The data used were obtained from field observations and literature studies related to the issues raised. This research will produce a system proposal that can be used to increase protection in the distribution of goods, especially in Balinese handicraft delivery services. The increase in protection referred to through POMATE is in the form of location accuracy, type of goods, quantity and quality of goods sent. The application of this system is expected to increase consumer loyalty to goods distribution service companies, improve operational efficiency, speed up order fulfillment time, reduce shipping costs.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Proteksi yang efektif diperlukan dalam pendistribusian barang terutama pada barang kerajinan yang nilai ekonominya mudah menurun akibat kerusakan yang terjadi saat pengiriman. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi peningkatan proteksi distribusi barang pada jasa pengiriman kerajinan Bali melalui POMATE. Metode yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif kualitatif dan <em>literature review</em>. Data yang digunakan diperoleh dari observasi lapangan dan studi literatur terkait dengan permasalahan yang diangkat. Pada penelitian ini akan menghasilkan sebuah usulan sistem yang dapat digunakan untuk meningkatkan proteksi dalam distribusi barang khususnya pada jasa pengiriman kerajinan Bali. Peningkatan proteksi yang dimaksud melalui POMATE berupa akurasi lokasi, jenis barang, kuantitas serta kualitas dari barang yang dikirim. Penerapan sistem ini diharapkan dapat meningkatkan loyalitas konsumen terhadap perusahaan jasa distribusi barang, meningkatkan efisiensi operasi, mempercepat waktu pemenuhan pesanan, mengurangi biaya pengiriman.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/899 OPTIMALISASI PEMILIHAN RUTE DAN MODA PADA PROSES DISTRIBUSI PRODUK YANG KAITANNYA DENGAN BIAYA LOGISTIK 2024-04-29T22:38:32+07:00 Muhammad Rafi Rafi.2202012@taruna.poltradabali.ac.id Futri Okana Angkat Angkat.2102057@taruna.poltradabali.ac.id Gress Alethea Alethea.2102059@taruna.poltradabali.ac.id Arif Devi Dwipayana arif.devi@poltradabali.ac.id <p>Agriculture is sector Which source nature for various human needs. Jatiluwih is red rice planting and production area in the Province of Bali. Distribution is the activity of distributing products from producers to consumers. The purpose this study is determine the routes and modes used transport red rice from five regions to Denpasar with more economical logistics costs using the <em>Saving Matrix method </em>and the QGIS Application, because the previous goods distribution channel was less effective and resulted in large logistics costs. So this research is useful for brown rice business actors in the Jatiluwih Region to distribute their processed products. After method <em>saving matrix</em> and the use of the QGIS application was successful in processing data, it can be concluded that this method resulted savings in terms of routes, time and logistics costs incurred in the goods distribution process carried out by business actors in the Jatiluwih Area.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pertanian merupakan sektor yang digunakan sumber daya alamnya untuk berbagai keperluan manusia. Jatiluwih merupakan kawasan penanaman dan produksi beras merah yang terkenal di Provinsi Bali. Distribusi adalah aktivitas menyalurkan produk dari produsen sampai ke tangan konsumen. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan rute dan moda yang digunakan untuk mengangkut beras merah dari lima Kawasan ke Denpasar dengan biaya logistik yang lebih hemat menggunakan metode <em>Saving Matrix</em> dan Aplikasi QGIS, dikarenakan jalur distribusi barang sebelumnya kurang efektif dan menimbulkan biaya logistik yang besar. Sehingga penelitian ini bermanfaat bagi pelaku usaha beras merah di Kawasan Jatiluwih untuk mendistribusikan produk olahannya. Setelah metode <em>saving matrix</em> dan penggunaan aplikasi QGIS berhasil dijalankan dalam mengolah data, maka dapat disimpulkan bahwa cara tersebut menghasilkan&nbsp; penghematan dari segi&nbsp; rute, waktu dan biaya logistik yang ditimbulkan dalam proses distribusi barang yang dilakukan oleh pelaku usaha di&nbsp; Kawasan Jatiluwih.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/901 IDENTIFIKASI POLA PERJALANAN DAN PEMODELAN FREIGHT TRIP GENERATION KOMODITAS TEKSTIL STUDI KASUS: PUSAT PERDAGANGAN TANAH ABANG, JAKARTA 2024-04-29T22:49:04+07:00 Derrell Shaka Khairu derrellshaka@gmail.com Nahry Nahry nahry@eng.ui.ac.id Adil Afrizal Gani adilafrizal@gmail.com R Ivan Adwitiya ivan.adwitiya@ui.ac.id <p>The population and economy continue to grow, as does logistic activity, as the demand for goods depends on their mutual growth. The increasing demand for goods leads to more transportation, which results in congestion and pollution. This study analyzes travel patterns and freight trip generation in Tanah Abang Trade Center. In this regard, the author identifies the characteristics of freight transportation and models the generation of freight transportation trips produced and attracted by each store. Modelling is done through linear regression analysis to determine the best model among all the formed models. The results of the linear regression produce four models that can be considered "fit," with influential variables being the number of employees and store size. The statistical findings from this model indicate that the freight trips generation is more sensitive to the variable of the number of employees. This model is developed so that planners and policymakers can benefit from the research in making decisions related to freight transportation.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Populasi dan ekonomi terus berkembang begitu pula dengan aktivitas logistik karena permintaan barang bergantung pada pertumbuhan keduanya. Semakin banyaknya permintaan barang maka semakin banyak transportasi yang mengangkut dan akan menyebabkan kemacetan serta polusi. Penelitian ini menganalisis pola perjalanan dan freight trip generation yang berada di Pusat Perdagangan Tanah Abang. Dalam hal ini, penulis mengidentifikasi karakteristik perjalanan angkutan barang dan melakukan pemodelan bangkitan perjalanan angkutan barang yang diproduksi dan ditarik oleh tiap toko. Pemodelan dilakukan dengan analisis regresi linear untuk menentukan model terbaik dari seluruh model yang dibentuk. Hasil dari regresi linear menghasilkan 4 model yang dapat dinyatakan “fit” dengan variabel berpengaruh jumlah karyawan dan luas toko. Temuan statistik dari model ini menunjukkan bahwa bangkitan perjalanan angkutan barang lebih sensitif terhadap variabel jumlah karyawan. Model ini dibuat agar perencana dan pembuat kebijakan dapat memperoleh manfaat dari penelitian untuk membuat keputusan terkait angkutan barang.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/904 ANALISIS SEBARAN PERGERAKAN KOMODITAS KOPI DI PROVINSI JAWA BARAT 2024-04-29T23:05:39+07:00 Steven Julianto Situmeang stevenjulianto@upi.edu Juang Akbardin akbardien@upi.edu Luthfia Rizky Ramadhansy luthfiaramadhansy@upi.edu Dwi Novi Wulansari dwinovi@upi.edu <p>In 2019, the coffee commodity was in the first place for most exports in the Indonesian agricultural sector. This makes coffee one of the largest foreign exchange earning commodities for Indonesia. In this scientific article, we will discuss the movement of the distribution of coffee commodities through multimodal transportation in West Java Province. The zones to be reviewed are Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Subang, Purwakarta and Karawang. The method used for the analysis of the distribution of movement in this study is the unrestricted gravity model (UCGR), where the primary data is obtained from the results of data processing that the researchers did and the secondary data is obtained from a literature review that is relevant to the topic discussed. After analyzing the distribution of coffee in the eleven zones reviewed, the appropriate types of transportation modes, transport capacity, BOK, and MAT of the distribution of coffee commodities in West Java were obtained.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pada tahun 2019, komoditas kopi menduduki urutan pertama paling banyak diekspor di sektor pertanian Indonesia. Hal tersebut menjadikan kopi sebagai salah satu komoditas penyumbang devisa terbesar bagi Indonesia. Pada artikel ilmiah ini, akan dibahas mengenai pergerakan persebaran komoditas kopi melalui transportasi multimoda di Provinsi Jawa Barat. Zona yang akan ditinjau adalah Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Ciamis, Kuningan, Majalengka, Sumedang, Subang, Purwakarta, dan Karawang. Metode yang digunakan untuk analisis sebaran pergerakan pada kajian ini adalah model gravity tanpa-batasan (UCGR), dimana data primer didapatkan dari hasil pengolahan data yang peneliti lakukan dan data sekunder didapat dari tinjauan literatur yang relevan dengan topik yang dibahas. Setelah dilakukan analisis terhadap persebaran kopi di sebelas zona yang ditinjau, didapatkan jenis moda transportasi yang sesuai, kapasitas alat angkut, BOK, serta MAT distribusi pergerakan komoditas kopi di Jawa Barat.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/888 STUDI EKSPERIMENTAL KOMPOSISI LIMBAH HASIL CRUSHING TEST SEBAGAI PENGGANTI AGREGAT PADA CAMPURAN BERASPAL 2024-04-29T18:01:20+07:00 Gita Tresna Wiguna gita.tresna@student.pradita.ac.id Amelia Makmur amelia.makmur@pradita.ac.id Bella Koes Paulina Cantik bella.paulina@pradita.ac.id Haykel Marcelinus Arapenta haykel.marcelinus@student.pradita.ac.id Wike Permata Puspita D wike.permata@student.pradita.ac.id Julius Andrew julius.andrew@student.pradita.ac.id <p>The increasing in construction projects has resulted in an increasing demand for concrete. This has the potential to increase crushing test waste, becoming an environmental issue as it can create large landfills and pollute the environment. Therefore, this research aims to develop an effective and innovative solution for managing crushing test waste by reusing it in infrastructure as an aggregate substitution in asphalt mixtures. The method used was an experimental study of AC-BC paved mixtures starting with finding the Optimum Asphalt Content (KAO), then aggregate substitution with percentages of 25%, 50%, 75%, and 100 at fc’25 concrete grade. Marshall testing was conducted on all test specimens to obtain the parameters for assessing the asphalt mixture. The research shows that the addition of a crushing test to the waste can change the Marshall parameters by asphalt mixtures. Thus, this solution will be the result of the negative effect by crushing test waste on the environment and improve material use efficiency in the construction industry.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Peningkatan jumlah proyek pembangunan berdampak pada permintaan beton yang semakin meningkat. Hal ini berpotensi meningkatkan limbah crushing test, dan menjadi masalah lingkungan karena dapat menciptakan tempat pembuangan sampah yang besar dan berpotensi mencemari lingkungan. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan solusi efektif serta inovatif dalam pengelolaan limbah crushing test dengan memanfaatkannya kembali pada infrastruktur sebagai substitusi agregat pada campuran beraspal. Metode yang dipakai yaitu studi eksperimental campuran beraspal AC-BC yang dimulai dengan mencari Kadar Aspal Optimum (KAO), lalu dilakukan substitusi agregat dengan persentase 25%, 50%, 75%, dan 100 pada mutu beton fc’25. Pengujian Marshall dilaksanakan pada seluruh benda uji untuk mendapatkan parameter penilaian campuran beraspal. Dari hasil penelitian ini, terbukti bahwa penambahan limbah crushing test mempengaruhi parameter Marshall pada campuran beraspal. Dengan demikian, diharapkan solusi ini dapat mengurangi dampak negatif limbah crushing test terhadap lingkungan dan meningkatkan penggunaan material dalam industri konstruksi.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/890 PENILAIAN KRITERIA PELABUHAN PENYEBERANGAN “HIJAU” DALAM RANGKA PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: STUDI KASUS PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK 2024-04-29T18:48:26+07:00 Muhammad Hendra Saputra hsaputra593@gmail.com Gloriani Novita Christin gloriani.dosen@gmail.com <p>The “Green” Ferry Port is an environmentally friendly port or also known as an ecoport. The sustainable development of ports in the future must be committed to making green ports that utilize information technology to build prosperity for present and future generations. For this purpose, port sustainability will be at the core of development strategies and plans beyond systems and policies. This could be the most important step for ports to become a more sustainable business, setting the foundation for growth. The concept of sustainability for ports is the integration of environmentally friendly methods of port activities, operations and management. Each development causes the minimum possible impact, contributing to improved actions and controls for air, water, noise, and waste quality.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Pelabuhan Penyeberangan “Hijau” merupakan pelabuhan yang berwawasan lingkungan atau juga disebut dengan ecoport. Pembangunan berkelanjutan pelabuhan di masa depan harus berkomitmen untuk menjadikan pelabuhan hijau yang memanfaatkan teknologi informasi untuk membangun kemakmuran bagi generasi sekarang dan masa depan. Untuk tujuan ini, keberlanjutan pelabuhan akan menjadi inti dan strategi dan rencana pembangunan di luar sistem dan kebijakan. Ini bisa menjadi langkah paling penting bagi pelabuhan untuk menjadi bisnis yang lebih berkelanjutan, menetapkan fondasi untuk berkembang. Konsep keberlanjutan untuk pelabuhan adalah integrasi metode kegiatan, operasi, dan manajemen pelabuhan yang ramah lingkungan. Setiap perkembangan menyebabkan dampak seminimal mungkin, berkontribusi pada peningkatan tindakan dan kontrol untuk kualitas udara, air, kebisingan, dan limbah.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/893 RANCANG BANGUN ALAT PENGUKUR TEKANAN UDARA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI SISTEM PENGEREMAN TREAD BRAKE PADA SARANA KRD DI DEPO LOKOMOTIF SOLO 2024-04-29T19:24:52+07:00 Muhammad Arfid Syahroni arfid.tmp20203140@taruna.ppi.ac.id Fadli Rozaq fadli@pengajar.ppi.ac.id Anang Cundoko mutanang.cundoko@ppi.ac.id <p>P12 (12 monthly) maintenance is the maintenance of diesel railroad train (KRD) facilities located at Solo Locomotive Depot. The maintenance carried out consists of maintenance of the propulsion system, electricity, air conditioner, and braking system for maintenance carried out on the braking system, namely on the tread brake component. Inspection and maintenance carried out by maintenance personnel is still done mechanically and visually by tightening nuts and bolts on the tread brake braking system. The problem obtained at the Solo Locomotive Depot is the unavailability of an air pressure gauge on the tread brake braking system which aims to facilitate facility nurses in replacing and measuring air pressure on the tread brake braking system. So a microcontroller-based air pressure gauge is made on the tread brake braking system. In the process of making an air pressure gauge on the tread brake braking system using the DFMA (Design for Manufacturing Assembly) method. The performance of the tool is done directly by testing the function of the tool. The results of the function test of the air pressure gauge on the tread brake braking system obtained the results of the microcontroller measurement of 3.2 bar which was then compared with measurements using a manometer to ensure the accuracy of the measurement results.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Perawatan P12 (12 bulanan) adalah perawatan sarana kereta rel diesel (KRD) yang terdapat di Depo Lokomotif Solo. Perawatan yang dilakukan terdiri dari perawatan sistem propulsi, kelistrikan, air conditioner, dan sistem pengereman untuk perawatan yang dilakukan pada sistem pengereman yaitu pada komponen tread brake. Pemeriksaan dan perawatan yang dilakukan oleh tenaga perawatan masih dilakukan secara mekanik dan visual dengan melakukan pengencangan nut dan bolts pada sistem pengereman tread brake. Permasalahan yang didapatkan di Depo Lokomotif Solo yang belum tersedianya alat pengukur tekanan udara pada sistem pengereman tread brake yang bertujuan untuk mempermudah perawat sarana dalam melakukan penggantian dan pengukuran tekanan udara pada sistem pengereman tread brake. Maka dibuatlah alat bantu pengukur tekanan udara pada sistem pengereman tread brake berbasis mikrokontroler. Dalam proses pembuatan alat bantu pengukur tekanan udara pada sistem pengereman tread brake menggunakan metode DFMA (Design for Manufacturing Assembly. Kinerja alat bantu dilakukan secara langsung dengan melakukan pengujian fungsi alat. Hasil uji fungsi alat bantu pengukur tekanan udara pada sistem pengereman tread brake didapatkan hasil pengukuran mikrokontroler 3,2 bar yang kemudian hasil tersebut dikalibrasi dengan menggunakan manometer agar memastikan akurasi hasil pengukuran tersebut untuk mengetetahui selisih pengukuran.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/894 PENERAPAN METODE HIRADC DALAM PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN KERJA PEMERIKSAAN HARIAN SARANA LRT SUMATERA SELATAN 2024-04-29T20:01:52+07:00 Muh Rizki Ramadhani Rizki.mtp20204132@taruna.ppi.ac.id Handoko handoko@ppi.ac.id Erifendi Churniawan erifendi@ppi.ac.id <p>Light Rail Transit South Sumatra was built on the basis of Presidential Regulation Number 55 of 2016 concerning the Acceleration of the Implementation of Light Railroad/Light Rail Transit in South Sumatra Province. To always maintain the reliability of the LRT facility, daily inspection work of the LRT facility is required which is carried out every day which has a potential risk of work accidents due to the use of equipment related to electricity and standard operating procedures (SOPs) that are not followed. This study aims to identify potential risks, determine the value of risks, arrange priority rankings, and analyze risk controls to reduce the impact of risks on the daily inspection work of the South Sumatra LRT facilities. This study conducted an analysis using the method hazard identification, risk assessment, and determining control (HIRADC). Based on the research, there are 18 risks with risk level classifications: 1 extreme risk, 7 high risk, 9 moderate risk, and 1 low risk. The determination of risk control is carried out according to the risk control hierarchy, namely engineering engineering, administrative control, and the use of personal protective equipment (PPE).</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Light Rail Transit Sumatera Selatan dibangun atas dasar Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2016 tentang Percepatan Penyelenggaraan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit di Provinsi Sumatera Selatan. Untuk selalu menjaga keandalan dari sarana LRT Sumsel maka diperlukan pekerjaan pemeriksaan harian sarana LRT yang dilakukan setiap harinya yang mana memiliki potensi risiko kecelakaan kerja dikarenakan menggunakan peralatan yang berhubungan dengan listrik dan standar operasional prosedur (SOP) yang tidak dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi risiko, mengetahui nilai risiko, menyusun rangking prioritas, serta menganalisis pengendalian risiko untuk mengurangi dampak risiko pada pekerjaan pemeriksaan harian sarana LRT Sumsel. Penelitian ini melakukan analisis menggunakan metode hazard identification, risk assessment, and determining control (HIRADC). Berdasarkan penelitian terdapat 18 risiko dengan klasifikasi tingkat risiko: 1 risiko ekstrim, 7 risiko tinggi, 9 risiko sedang, dan 1 risiko rendah. Untuk pengendalian risiko dilakukan sesuai hirarki pengendalian risiko rekayasa teknik, pengendalian administrasi, dan penggunaan alat pelindung diri (APD).</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024 https://journal.unej.ac.id/BerkalaFSTPT/article/view/895 PERANCANGAN PROTOTYPE PENDETEKSI KONDISI RODA GIGI SERTA MONITORING ARUS DAN TEGANGAN PADA MOTOR WESEL T84M 2024-04-29T20:13:55+07:00 Mifzam Fahmi Rafsanjani fahmi.tep20202140@taruna.ppi.ac.id Fathurrozi Winjaya fathurrozi@ppi.ac.id Arief Darmawan darmawan@ppi.ac.id Mariana Diah mariana@ppi.ac.id <p>The point machine is very important for changes in the direction of the train, which affects the service and safety of the train. Checking the T84M point machine manually is time consuming and human error prone. Maintenance includes checking gears, current, and motor voltage. Gear damage and currents and voltages exceeding tolerance limits cause performance problems in point machines. This study aims to create an innovative prototype for early fault detection and easier maintenance. Gear vibration data processed using the ADXL345 sensor with the FFT method shows a significant difference. Normal gears have amplitude &lt;1066 m/s², wear ≥1066 m/s², broken gears have ≥1960 m/s². Testing of the PZEM-004T sensor was satisfactory, with a current error of 0.01% and a voltage error of 0.004%. This sensor is suitable for monitoring the motor output current and voltage. Sensor readings during monitoring of motor current and voltage reveal patterns during operation.</p> <p><strong>ABSTRAK</strong></p> <p>Penggerak wesel memiliki peran vital dalam mengubah arah pergerakan kereta api yang berdampak langsung pada infrastruktur perkeretaapian, layanan, dan keselamatan. Saat ini, pemeriksaan manual penggerak wesel T84M memerlukan waktu lama dan berisiko terjadi kesalahan manusia. Pemeliharaannya melibatkan pengecekan roda gigi, arus, dan tegangan motor. Kerusakan pada roda gigi, lonjakan arus, dan tegangan di luar batas toleransi menjadi awal masalah dalam kinerja penggerak wesel. Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe inovatif untuk deteksi awal gangguan dan pemeliharaan yang lebih mudah. Data getaran dari roda gigi diolah menggunakan sensor ADXL345 dengan metode FFT, menghasilkan perbedaan yang signifikan. Roda gigi normal memiliki amplitudo &lt;1066m/s², sedangkan keausan ≥1066m/s², dan gigi yang patah ≥1960m/s². Pengujian sensor PZEM-004T cukup andal, dengan rata-rata kesalahan arus 0,01% dan kesalahan tegangan 0,004%, menjadikannya cocok untuk memantau arus dan tegangan pada motor wesel. Pembacaan sensor saat memonitor motor wesel mengungkap pola arus dan tegangan yang muncul selama operasi motor.</p> 2024-04-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2024