Pemberdayaan Kelompok Dama Melati Melalui Edukasi Pola Pangan Sehat dan Bergizi

Authors

  • Nadia Maharani Universitas Lampung

Keywords:

Pemberdayaan; Edukasi; Pola Pangan; Sehat dan Bergizi

Abstract

Abstrak− Pola konsumsi pangan masyarakat masih menunjukan kecenderungan kurang beragam dari jenis pangan, kurang sehat, dan kurang keseimbangan gizinya.  Asupan zat gizi makro dan zat gizi mikro yang tidak mencukupi seringkali menjadi faktor penghambat perkembangan dan pertumbuhan anak. Oleh karena itu diperlukan adanya pemberdayaan untuk memberikan pengetahuan kepada orang tua utamanya Ibu agar dapat memenuhi asupan zat gizi keluarga.  Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan anggota Dama Melati dalam mengatur pola pangan sehat dan bergizi, meningkatkan produktifitas ibu-ibu khususnya dalam hal pengolahan makanan, dan menambah variasi menu makanan sehari-hari, meningkatkan kesehatan keluarga khususnya anak-anak dalam mengkonsumsi makanan yang bergizi. Metode pelaksanaan dilakukan dengan analisis  awal, persiapan, dan pelaksanaan, serta evaluasi. Kegiatan pengabdian menghasilkan beberapa dampak terhadap masyarakat diantaranya: peningkatan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang makanan sehat dan bergizi, peningkatan akses dan pemanfaatan pangan bergizi dengan memafaatkan pertanian rumah tangga, pengolahan pangan lokal, perubahan pola konsumsi pangan dengan variasi menu, praktik memasak sehat: keluarga mengimplementasikan teknik memasak yang lebih sehat dan bergizi berdasarkan pelatihan yang diberikan, termasuk penggunaan bahan makanan lokal yang lebih nutrisi. Kesadaran masyarakat terhadap kualitas dan keamanan pangan juga perlu ditingkatkan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menjadi sehat adalah dengan mengonsumsi pangan yang memenuhi standar kesehatan.

 

Downloads

Published

2025-06-11

How to Cite

Maharani, N. (2025). Pemberdayaan Kelompok Dama Melati Melalui Edukasi Pola Pangan Sehat dan Bergizi . Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS), 1(2). Retrieved from https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/5597