Inovasi Literasi Digital Melalui Digital Library Dan Pojok Literasi

Authors

  • Meidiana Purnamasari
  • Agus Supriono
  • Suwali Suwali
  • Evita Soliha Hani
  • Joni Murti Mulyo Aji
  • Djoko Soejono

DOI:

https://doi.org/10.19184/digimas.v1i3.6378

Keywords:

society 5.0, Pendidikan, Literasi digital, Digital library, Pojok literasi

Abstract

Perkembangan teknologi informasi pada era Revolusi Industri 4.0 yang berlanjut menuju Society 5.0 membawa implikasi signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Transformasi digital menuntut tenaga pengajar maupun siswa untuk memiliki kemampuan literasi digital yang memadai agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola pembelajaran. Namun, keterbatasan akses sarana pembelajaran dan kesenjangan literasi digital masih menjadi hambatan dalam menciptakan proses belajar yang optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dan siswa melalui inovasi literasi berbasis teknologi dalam bentuk Digital Library dan Pojok Literasi, sekaligus memperkenalkan pemanfaatan media pembelajaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru dan siswa mampu mengoperasikan Digital Library dan media pembelajaran digital secara efektif sehingga mendorong peningkatan kualitas pembelajaran, penguasaan teknologi, serta penguatan kompetensi literasi digital yang relevan dengan kebutuhan pendidikan di era Society 5.0.

Downloads

Published

2025-10-13

How to Cite

Meidiana Purnamasari, Supriono, A., Suwali, S., Evita Soliha Hani, Joni Murti Mulyo Aji, & Djoko Soejono. (2025). Inovasi Literasi Digital Melalui Digital Library Dan Pojok Literasi. Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS), 1(3), 43–49. https://doi.org/10.19184/digimas.v1i3.6378