https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/issue/feed Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) 2025-10-23T13:48:59+07:00 Yudha Alif Auliya S.Kom, M.Kom yudha.alif@unej.ac.id Open Journal Systems <p><a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20250520312029014"><strong>ISSN : 3090-6008</strong></a></p> <p><strong>DIGIMAS: Jurnal Transformasi Digital Masyarakat</strong> adalah jurnal ilmiah yang mempublikasikan artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang berfokus pada transformasi digital serta penerapan teknologi. Jurnal ini berperan sebagai wadah untuk mendukung pengembangan inovasi, teknologi terapan, dan pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan interdisipliner.</p> https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6316 Pengenalan Basic Coding Pada Forum Anak Desa Ampelan Guna Menumbuhkan Pola Pikir Sistematis Dan Kreatif 2025-09-01T23:43:47+07:00 Afrie irkham fahruzie 220910201103@mail.unej.ac.id <p>Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan literasi digital generasi muda di <br>pedesaan melalui pengenalan basic coding berbasis pendekatan computational thinking (CT). Mitra kegiatan adalah Forum <br>Anak Desa Ampelan, Bondowoso, yang terdiri dari remaja dengan latar belakang beragam dan sebagian besar belum memiliki <br>pengalaman dalam pemrograman komputer. Metode pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahap, yaitu pra-kegiatan berupa <br>persiapan modul pembelajaran dan koordinasi dengan mitra, tahap pelaksanaan berupa penyampaian materi basic coding <br>menggunakan bahasa pemrograman Python di Google Colab, serta evaluasi berupa diskusi, pengumpulan umpan balik, dan <br>pengamatan terhadap hasil karya peserta. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga kali pertemuan dengan pendekatan <br>interaktif, praktik langsung, serta proyek kelompok berupa pembuatan simulasi jualan sederhana. <br>Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman peserta terkait konsep dasar pemrograman, <br>kemampuan berpikir logis, serta keterampilan problem solving. Selain itu, kegiatan ini juga berkontribusi pada <br>pengembangan soft skills seperti komunikasi, kolaborasi, dan kerja tim. Meskipun terdapat kendala berupa keterbatasan <br>perangkat, akses internet, serta hambatan bahasa teknis, program ini memberikan dampak positif dalam menumbuhkan <br>minat peserta terhadap dunia teknologi dan pemrograman. Secara keseluruhan, kegiatan ini menjadi langkah awal strategis <br>dalam membangun kapasitas literasi digital di desa, sekaligus mendorong pemuda untuk tidak hanya menjadi konsumen <br>teknologi, melainkan juga kreator solusi digital yang relevan dengan kebutuhan lokal.</p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6363 The Empowering Disaster Resilient Village Communities (DESTANA) through the Desain of an Early Warning System Based on Renewable Energy and the Internet of Things 2025-09-25T10:18:38+07:00 farrel azzududdin farrelazzududdin@gmail.com <p><em>Gunungsari Village, located in Maesan District, Bondowoso Regency, is an area with several disaster potentials, one of which is a medium-scale flood hazard affecting approximately 2.77 hectares. Flooding frequently occurs due to high rainfall intensity, which causes river water to overflow and inundate residential areas. This disaster often results in significant losses, particularly in infrastructure, with several houses recorded as experiencing minor, moderate, and severe damages. Preventive measures are therefore essential to minimize losses and casualties during such events. The establishment of a Disaster-Resilient Village (DESTANA) and the development of a solar-powered early warning system (EWS) integrated with IoT sensor technology are expected to enhance community preparedness. Residents, especially those organized within DESTANA, participate in training programs on the operation and design of the Smart Early Warning System (Smart EWS). The training includes understanding the working principles of the device, maintenance techniques, and disaster mitigation measures. Through these initiatives, the community is expected to increase awareness of disaster mitigation, thereby improving safety and reducing potential losses during flood events. </em></p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6370 The Implementation of Digital Marketing in Culinary Businesses in Kebonsari - Jember 2025-09-22T15:03:09+07:00 Tiffany Rahma Abdillah tiffanyrahma@unej.ac.id Agus Supriono agus_sup.faperta@unej.ac.id Intan Kartika Setyawati intan.faperta@unej.ac.id Kacung Hariyono kacung.hariyono@unej.ac.id Aryo Fajar Sunartomo aryofajar74@yahoo.com Maharani Karunia Putri maharanikrnia@gmail.com <p>With the rapid development of technology, the business world has now entered digital marketing, often referred to as digital marketing. This marketing utilizes social media and internet-based platforms to market products. One of the economic strengths that has been supporting the Indonesian economy is the presence of Micro, Small, and Medium Enterprises (MSMEs). The implementation of digital marketing opens up significant opportunities for MSMEs to capitalize on it. Culinary MSMEs in Kebonsari Village, Jember Regency, East Java, are experiencing challenges in running their businesses, particularly in marketing, which has previously been carried out only through conventional methods. Therefore, training is needed on the use of digital marketing and the creation of engaging content. The goal of this activity is to provide knowledge about the importance of digital marketing in product marketing and how to create creative content to build product branding. Digital marketing can be implemented using social media platforms like Instagram and online platforms like Grab (Grabfood) and Gojek (Gofood). Community service activities are carried out for one month with a different agenda each week. The stages carried out include (1) Location survey and identification of problems experienced, (2) Training in the use of social media and training in taking photos/videos, (3) Assistance in the use of social media and training in taking photos/videos and (4) Monitoring and evaluation of activities. The results of these activities are (1) Problems were found, namely a decrease in sales turnover of culinary businesses because marketing so far still uses conventional methods, (2) Culinary MSME actors know and apply digital marketing by using social media Instagram and online platforms such as Grab (Grabfood) and Gojek (Gofood), (3) Culinary MSME actors have expertise in taking photos/videos as promotional media. With this training activity, culinary MSME actors as the target of the activity feel helped because with this program they can understand what digital marketing is and how to implement it.</p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6373 Optimalisasi Pertanian Desa Sumberanyar melalui Pemanfaatan Penebar Pupuk Sederhana 2025-09-22T21:34:45+07:00 ferdiansyah putra manggala ferdiansyahputramanggala@gmail.com Karina Nine Amalia karina@unej.ac.id Nadira Alvionalista 220910201020@mail.unej.ac.id <p>Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Sumberanyar, Kecamatan Maesan, Kabupaten Bondowoso, bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani melalui pengenalan alat penebar pupuk sederhana. Program ini dilaksanakan melalui survei kebutuhan, koordinasi dengan pejabat desa dan kelompok petani, persiapan dan pengujian alat, serta penyebaran informasi, demonstrasi, dan diskusi. Hasil menunjukkan bahwa petani memahami fungsi dan manfaat alat dalam mempermudah penyebaran pupuk, menghemat waktu dan tenaga, serta mencapai distribusi yang lebih merata. Tanggapan positif terlihat dari partisipasi aktif dan minat mereka dalam mengadopsi atau memodifikasi alat tersebut. Secara keseluruhan, inisiatif ini mendorong kemandirian dan kreativitas petani dalam memanfaatkan teknologi yang sesuai, dengan potensi untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya.</p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6376 Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Informatika Tingkat Provinsi di SMAN 1 Jember 2025-09-25T10:00:19+07:00 Rizky Alfanio Atmoko 199205112024061001@mail.unej.ac.id Narandha Arya Ranggianto ranggi@unej.ac.id M. Habibullah Arief m.habibullaharief@unej.ac.id Damar Novtahaning damarNovtahaning@mail.unej.ac.id Erik Yohan Kartiko erikyohan@unej.ac.id Akbar Pandu Segara akbarpandu@unej.ac.id Muhammad Andryan Wahyu Saputra andryan@unej.ac.id <p>Olimpiade Sains Nasional (OSN) Informatika merupakan salah satu upaya strategis dalam mempersiapkan siswa menghadapi kompetisi akademik berskala nasional. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan sebagai program lanjutan dari pembinaan OSN tingkat kabupaten/kota yang sebelumnya berhasil meloloskan seorang siswa SMAN 1 Jember bernama Firdaus ke seleksi tingkat provinsi Jawa Timur. Fokus kegiatan adalah memberikan pendalaman materi pemrograman lanjutan, struktur data, dan algoritma melalui metode tatap muka, latihan soal intensif, diskusi interaktif, serta simulasi kompetisi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep algoritmik, keterampilan pemrograman, serta kepercayaan diri siswa dalam menghadapi soal setingkat provinsi. Program ini berhasil mendukung Firdaus untuk berkompetisi pada OSN tingkat provinsi, sekaligus menjadi motivasi bagi siswa lain di SMAN 1 Jember untuk berprestasi dalam bidang informatika.</p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6378 Inovasi Literasi Digital Melalui Digital Library Dan Pojok Literasi 2025-09-25T09:36:59+07:00 Meidiana Purnamasari meidiana@mail.unej.ac.id Agus Supriono agus_sup.faperta@unej.ac.id Suwali Suwali suwalitandyaraharja@gmail.com Evita Soliha Hani ita_hani.faperta@unej.ac.id Joni Murti Mulyo Aji joni.faperta@unej.ac.id Djoko Soejono soejono_djoko.faperta@unej.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Perkembangan teknologi informasi pada era Revolusi Industri 4.0 yang berlanjut menuju Society 5.0 membawa implikasi signifikan terhadap berbagai sektor, termasuk sektor pendidikan. Transformasi digital menuntut tenaga pengajar maupun siswa untuk memiliki kemampuan literasi digital yang memadai agar mampu beradaptasi dengan perubahan pola pembelajaran. Namun, keterbatasan akses sarana pembelajaran dan kesenjangan literasi digital masih menjadi hambatan dalam menciptakan proses belajar yang optimal. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas guru dan siswa melalui inovasi literasi berbasis teknologi dalam bentuk Digital Library dan Pojok Literasi, sekaligus memperkenalkan pemanfaatan media pembelajaran digital. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa guru dan siswa mampu mengoperasikan Digital Library dan media pembelajaran digital secara efektif sehingga mendorong peningkatan kualitas pembelajaran, penguasaan teknologi, serta penguatan kompetensi literasi digital yang relevan dengan kebutuhan pendidikan di era Society 5.0.</span></p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6383 Optimalisasi Potensi Lokal melalui Pembuatan Pupuk Kompos dari Limbah Kotoran Kambing 2025-09-25T11:30:14+07:00 Karina Nine Amalia karina@unej.ac.id Ferdiansyah Putra Manggala ferdiansyahputramanggala@unej.ac.id Tri Agustina Ngrahani tina@unej.ac.id <p>Kegiatan pengabdian dan Pemberdayaaan masyarakat di desa Kabuaran, Grujugan, Bondowoso dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat Guna Membangun Desa Sadar Ligkungan” dilakukan melalui transfer teknologi dan pengetahuan mengenai proses pembuatan pupuk kompos sebagai bentuk usaha dalam memanfaatkan potensi lingkungan desa berupa limbah kotoran ternak kambing dan pengoptimalan sisa sampah organik. Kotoran kambing dijadikan sebagai bahan utama pembuatan pupuk kompos karena memiliki unsur hara yang lebih tinggi dibanding kotoran ternak lainnya. Hal tersebut didukung dengan adanya percampuran antara kotoran ternak dengan urine yang memiliki unsur hara. Mayoritas penduduk yang memiliki hewan ternak menjadi alasan utama kami untuk mengoptimalkan limbah kotoran ternak supaya lebih bernilai guna karena fakta di lapangan menunjukkan bahwa limbah kotoran ternak tidak mendapatkan perlakuan dan pengelolaan yang benar. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah sosilaisasi dan demonstrasi melalui pemberian materi serta melakukan praktik dengan proses pembuatan pupuk kompos secara langsung. Melalui transfer teknologi pembuatan pupuk kompos ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat berupa peningkatan pengetahuan warga tentang manfaat limbah kotoran ternak dan pengoptimalan sisa sampah organik disekitar lingkungan.</p> 2025-10-13T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS) https://journal.unej.ac.id/DIGIMAS/article/view/6424 Penerapan Metode AHP–Borda dalam Menentukan Peminatan Siswa SMA Negeri Balung 2025-10-23T13:48:59+07:00 Gama Wisnu Fajarianto gamawisnuf@unej.ac.id Pradana Febrian Murtadlo pradfm20@gmail.com Priza Pandunata priza@unej.ac.id Dwi Wijonarko dwi-wijonarko@unej.ac.id <p><span style="font-weight: 400;">Peminatan siswa merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan menengah atas untuk memastikan peserta didik belajar sesuai dengan kemampuan akademik dan minatnya. Di SMA Negeri Balung, Kabupaten Jember, peminatan masih dilakukan secara konvensional dengan mempertimbangkan nilai rapor dan angket minat, sehingga rentan menimbulkan subjektivitas dan ketidakakuratan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memperkenalkan sistem pendukung keputusan berbasis metode </span><em><span style="font-weight: 400;">Analytical Hierarchy Process</span></em><span style="font-weight: 400;"> (AHP) dan Borda sebagai alternatif penentuan peminatan siswa. Data penelitian mencakup 390 siswa kelas XI dengan empat kriteria utama, yaitu nilai rapor, hasil tes psikologi, minat kelas, dan minat kuliah. Data diolah menggunakan aplikasi berbasis Python, sedangkan hasil peminatan dibandingkan dengan metode konvensional melalui analisis korelasi Pearson. Hasil menunjukkan sistem AHP–Borda memiliki akurasi 96% dengan korelasi Pearson 0,9396 (sangat kuat), sedangkan metode konvensional hanya 64% dengan korelasi 0,3429 (lemah). Hasil sistem kemudian disampaikan kepada pihak sekolah disertai penjelasan mengenai perbedaan dengan metode konvensional. Guru menilai sistem lebih cepat, konsisten, dan transparan sehingga bermanfaat sebagai alat bantu pengambilan keputusan. Dengan demikian, sistem ini dapat mendukung proses peminatan siswa secara lebih objektif dan akuntabel.</span></p> 2025-09-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Jurnal Transformasi Digital Masyarakat (DIGIMAS)