Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal melalui P5 untuk Menjaga Identitas Budaya dalam Kurikulum Pendidikan Dasar
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4216Keywords:
Kurikulum pendidikan dasar, pendidikan berbasis kearifan lokal, p5Abstract
Penelitian ini adalah salah satu penelitian studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis beberapa temuan dari beberapa hasil artikel dan jurnal penelitian sebelumnya. Tujuan analisis ini mengacu pada pendidikan berbasis kearifan lokal melalui P5 untuk menjaga identitas budaya dalam kurikulum pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif melalui beberapa cara seperti menganalisis, mengidentifikasi, serta mendalami temuan-temuan dari hasil penelitian sebelumnya.
Objek penelitian ini adalah jurnal dan artikel yang diterbitkan pada tingkat nasional. Dengan kata lain, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kearifan lokal dapat dilakukan melalui P5. Selain itu, pendidikan berbasis kearifan lokal melalui P5 mempunyai pengaruh yang signifikan untuk menjaga identitas budaya dalam kurikulum pendidikan dasar
Kata kunci: Pendidikan berbasis kearifan local, P5, kurikulum pendidikan dasar