Metaanalisis Transformasi Pendidikan: Pengaruh Profesionalisme dan Kesejahteraan Guru terhadap Kinerja
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4307Keywords:
Kesejahteraan Guru, Kinerja Guru, Meta-analisis, Profesionalisme GuruAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profesionalisme dan kesejahteraan guru terhadap kinerja mereka sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Metode yang digunakan adalah meta-analisis, yang mengumpulkan dan mengkaji data sekunder dari 13 artikel penelitian terdahulu, terdiri dari 9 artikel jurnal nasional dan 4 artikel jurnal internasional. Data dikumpulkan melalui penelusuran literatur yang relevan dan dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi pola hubungan antara variabel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profesionalisme guru, yang mencakup kompetensi pedagogik, sosial, dan profesional, memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru dalam menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif. Demikian pula, kesejahteraan guru, baik dari aspek finansial, psikologis, maupun sosial, berkontribusi positif dalam meningkatkan motivasi dan produktivitas kerja. Namun, kesejahteraan yang berlebihan berpotensi menciptakan zona nyaman yang menghambat motivasi untuk berkembang lebih lanjut. Penelitian ini merekomendasikan strategi peningkatan kesejahteraan guru melalui dukungan finansial dan psikologis yang seimbang, serta penguatan profesionalisme melalui pelatihan berkelanjutan dan supervisi yang efektif. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi dasar untuk merancang kebijakan pendidikan yang berfokus pada keseimbangan antara kesejahteraan dan peningkatan profesionalisme guna mendukung kualitas pembelajaran yang berkelanjutan.