Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Kasada Suku Tengger di SD Negeri Argosari 02: Tinjauan Sosiologis-Antropologis

Authors

  • Sayyidati Marlinda Yunita Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4311

Keywords:

Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Sosiologis-Antropologis, Tradisi Kasada

Abstract

Penelitian ini menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tradisi Kasada Suku Tengger di SD Negeri Argosari 02 serta dampaknya terhadap karakter siswa melalui pendekatan sosiologis-antropologis. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter diterapkan dalam kegiatan kokurikuler P5 bertema Kearifan Lokal, pembelajaran kontekstual dalam IPAS dan Seni Budaya Prakarya, serta pembiasaan budaya positif seperti “Jumat Bersigi.” Hasilnya, karakter siswa terbentuk dalam aspek gotong royong, penghargaan budaya lokal, kesadaran lingkungan, serta toleransi. Implementasi ini didukung prinsip solidaritas sosial, kebudayaan lokal, dan pembelajaran kontekstual.

Downloads

Published

2025-02-28