Analisis Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Kasada Suku Tengger di SD Negeri Argosari 02: Tinjauan Sosiologis-Antropologis
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4311Keywords:
Kearifan Lokal, Pendidikan Karakter, Sosiologis-Antropologis, Tradisi KasadaAbstract
Penelitian ini menganalisis implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal tradisi Kasada Suku Tengger di SD Negeri Argosari 02 serta dampaknya terhadap karakter siswa melalui pendekatan sosiologis-antropologis. Menggunakan metode deskriptif kualitatif, penelitian ini menemukan bahwa pendidikan karakter diterapkan dalam kegiatan kokurikuler P5 bertema Kearifan Lokal, pembelajaran kontekstual dalam IPAS dan Seni Budaya Prakarya, serta pembiasaan budaya positif seperti “Jumat Bersigi.” Hasilnya, karakter siswa terbentuk dalam aspek gotong royong, penghargaan budaya lokal, kesadaran lingkungan, serta toleransi. Implementasi ini didukung prinsip solidaritas sosial, kebudayaan lokal, dan pembelajaran kontekstual.