Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4319Keywords:
Filsafat Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, Kurikulum MerdekaAbstract
Penelitian ini membahas tentang filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka. Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang menekankan pentingnya pendidikan yang berbasis karakter, kebudayaan, dan kebutuhan masyarakat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan mengkaji berbagai artikel maupun buku yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dapat meningkatkan kesadaran siswa akan identitas budaya serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan hidup mereka.