Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka

Authors

  • Aisha Ariestya Nanda Universitas Jember
  • Trapsilo Prihandono Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4319

Keywords:

Filsafat Pendidikan, Ki Hadjar Dewantara, Kurikulum Merdeka

Abstract

Penelitian ini membahas tentang filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara diintegrasikan ke dalam Kurikulum Merdeka. Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang menekankan pentingnya pendidikan yang berbasis karakter, kebudayaan, dan kebutuhan masyarakat menjadi acuan dalam pengembangan kurikulum Merdeka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan mengkaji berbagai artikel maupun buku yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dapat meningkatkan kesadaran siswa akan identitas budaya serta mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan keterampilan hidup mereka.

Downloads

Published

2025-02-28