Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Educaplay Pada Subtema Kewajiban dan Hakku di Rumah

Authors

  • Diska Putri Alifya Universitas Pakuan
  • Lina Novita Universitas Pakuan
  • Rini Sri Indriani Universitas Pakuan

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4397

Keywords:

Pengembangan, Evaluasi Pembelajaran, Educaplay

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay pada subtema kewajiban dan hakku di rumah, di kelas III-A SDN Ciheuleut 02 dengan jumlah 23 peserta didik. Pengembangan produk ini menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian diawali dengan melakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis peserta didik, membuat desain produk, kemudian mengembangkan produki evaluasi pembelajaran, melakukan validasi ahli lalu melakukan uji coba terbatas evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay pada subtema kewajiban dan hakku di rumah pada responden yang telah ditentukan. Hasil penelitian validasi dari ahli materi, ahli bahasa dan ahli media menunjukkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay ini sangat valid dan sangat layak digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,32%. Pada tahap uji coba dibatasi sebanyak 23 peserta didik memberikan responden dengan sangat baik dan sangat menarik digunakan dengan memperoleh persentase rata-rata sebesar 88,52%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa evaluasi pembelajaran menggunakan educaplay pada subtema kewajiban dan hakku di rumah yang dikembangkan pada penelitian ini terbukti valid, mudah dan menarik untuk digunakan peserta didik serta layak untuk dipelajari.

Downloads

Published

2025-02-28