Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Motivasi Mengajar

Authors

  • Anita Kusumawardhani Magister Psikologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aisyah Khairunissa Magister Psikologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Budiman Magister Psikologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia
  • Sardin Magister Psikologi Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4559

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Motivasi Kerja Guru

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi kerja pendidik yang valid dan reliable diterapkan pada guru di Indonesia. Metodenya menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menemukan hubungan antara korelasi dan regresi, dimana proses pengumpulan datanya menggunakan pola kuesioner. Proses pengukuran kecerdasan spiritual dan modifikasi diujicobakan pada 104 sampel guru di Bandung, Garut, Tangerang dan Lubuk Linggau. Hasil penelitian menggunakan alat ukur kecerdasan spiritual sebanyak 24 aitem dan modifikasi kerja pendidik sebanyak 18 aitem. Berdasarkan hasil uji regresi linier, kecerdasan spiritual ditemukan sebagai kekuatan yang memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi mengajar (p = 0.010). Namun, nilai R² yang relatif kecil (0.127) menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual hanya menjelaskan sekitar 12.7% variasi dalam motivasi mengajar, yang berarti terdapat faktor lain yang juga mempengaruhi motivasi mengajar yang belum dimasukkan dalam model ini.

Downloads

Published

2025-02-28