Efektivitas Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam Meningkatkan Kemampuan Penalaran Kritis Mahasiswa Berdasarkan Perspektif Multiple Intelligences
DOI:
https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4800Keywords:
Basic Mathematics Concepts, Concrete-Pictorial-Abstract Approach, Critical Thinking, Multiple Intelligences, StudentsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dalam meningkatkan kemampuan penalaran kritis mahasiswa pada konsep dasar matematika di STKIP Muhammadiyah Blora. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one-group pretest-posttest. Pendekatan CPA diterapkan pada mahasiswa kelas A semester 1, dengan satu kelompok sebagai eksperimen dan kelompok lainnya sebagai kontrol. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, tes, dan dokumentasi, dengan instrumen yang telah diuji validitas, reliabilitas, homogenitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendekatan CPA meningkat dari 88,25% pada pertemuan kedua menjadi 91,25% pada pertemuan ketiga, yang dikategorikan sangat baik. Hasil posttest menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 3,246 dengan 100% mahasiswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dibandingkan dengan pretest sebesar -0,226 dengan ketuntasan 73% dari 30 mahasiswa. Hasil ini mengindikasikan bahwa penggunaan pendekatan CPA secara signifikan lebih efektif dalam meningkatkan penalaran kritis dibandingkan metode konvensional, sehingga CPA terbukti mampu mengoptimalkan kemampuan penalaran kritis mahasiswa di STKIP Muhammadiyah Blora.