Negosiasi Ekosentrisme, Fenomenologi dan Konstruktivisme dalam IPS: Utopia Pembelajaran berbasis Lingkungan

Authors

  • Prasetyo Adi Nugroho Universitas Jember
  • Nindya Nurdianasari Universitas Jember
  • Fahimatul Anis Universitas Jember
  • Trapsila Siwi Hutami Universitas Jember
  • M. Sa’i UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.4906

Keywords:

Ekosentrisme, Fenomenelogi, IPS, Konstruktivisme, Lingkungan

Abstract

Mewacanakan landasan teoritis dan merumuskan trajectory pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) berbasis lingkungan menjadi aspek penting. Mempertimbangkan Isu masalah lingkungan seperti perubahan iklim serta dampaknya pada kerusakan lingkungan serta perubahan dimensi sosial dan ekonomi; namun pembelajaran berbasis lingkungan belum disandarkan pada teori dan trajectory yang relevan. Sehingga hasil belajar lingkungan tidak merepresentasikan kesadaran peduli lingkungan. Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kajian-kajian literatur yang memuat teori pembelajaran dan etika lingkungan kemudian menganalisisnya dari segi relevansi dan implikasi tindakan untuk diturunkan menjadi trajectory pembelajaran IPS berbasis lingkungan. Metode penelitian adalah literature review. Prosedur penelitian adalah systematic searches, prosedur pengumpulan data adalah dengan membuat kriteria literatur kemudian membuat kategori relevansi teori. Proses seleksi literatur merujuk pada langkah identifikasi, screening, eligibility, dan included. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan inductive thematic analysis. Negosiasi ekosentrisme, Fenomenologi dan Konstruktivisme mengarah pada upaya membuat situated cognition. Untuk mengaplikasikan situated cognition tersebut, kami merumuskan trajectory pembelajaran IPS berbasis lingkungan yaitu moral knowing; moral feeling; dan moral action. Sifat pembelajaran adalah kontekstual dengan sistem sosial menekankan aspek penting yaitu bahasa, dan cerita atau naratif dan dilaksanakan secara interaktif dalam zone of proximal peserta didik untuk mendorong peserta didik untuk mencapai perkembangan potensialnya.

Downloads

Published

2025-02-28