Implementasi Perencanaan Stratejik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SD Negeri 2 Pondokasolandeuh

Authors

  • Yani rahmawati Universitas Islam Nusantara
  • Risma Yanti Universitas Islam Nusantara
  • Ikka Kartika Universitas Islam Nusantara
  • Nandang Koswara Universitas Islam Nusantara

DOI:

https://doi.org/10.19184/jipsd.v12i1.5348

Keywords:

Mutu Pendidikan, perencanaan stratejik

Abstract

Di era globalisasi, peningkatan mutu pendidikan menjadi sebuah keniscayaan dalam pengelolaan pendidikan di Indonesia. Salah satu strategi yang sering digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui implementasi perencanaan strategik. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis teratrik melakukan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis profil, impelementasi perencanaan strategis dalam upaya meningkatkan mutu Pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada SD Negeri 2 Pondokkasolandeuh dimana yang menjadi subjek penelitian adalah kepela sekolah, tenaga tata usaha, dan guru. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi perencanaan strategik di SD Negeri 2 Pondokkasolandeuh dilakukan melalui tiga tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dampak positif dari implementasi ini terlihat pada peningkatan mutu pendidikan, baik dari segi hasil belajar siswa maupun perbaikan fasilitas sekolah. Hal ini menunjukkan bahwa perencanaan strategik yang dijalankan dengan baik mampu membawa perubahan signifikan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang lebih berkualitas.

Downloads

Published

2025-02-28