Analisis Kualitatif Refleksi Diri Dokter Muda tentang Pembelajaran pada Stase Psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Jember/RSD Dr. Soebandi Jember

Authors

  • Inke Kusumastuti Program Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Jember
  • Justina Evy Tyaswati KSM/Lab Psikiatri RSD Dr. Soebandi Jember
  • Alif Mardijana Program Pendidikan Profesi Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jmj.v1i1.153

Keywords:

dokter muda, psikiatri, pembelajaran, refleksi diri, rotasi klinik

Abstract

Rotasi klinik di bagian Psikiatri dapat memberikan tantangan berbeda bagi dokter muda (DM) yang nantinya dapat memengaruhi proses dan hasil pembelajaran serta pandangan mereka terhadap psikiatri. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengalaman pembelajaran selama stase psikiatri pada dokter muda. Analisis dilakukan terhadap naskah refleksi diri yang dituliskan dokter muda Fakultas Kedokteran Universitas Jember (FK UNEJ) yang telah menyelesaikan stase psikiatri di RSD Dr. Soebandi Jember pada bulan Juli 2019-Juni 2021. Naskah dianalisis secara tematik untuk mendapatkan beberapa tema. Didapatkan 102 naskah refleksi diri yang ditulis oleh 27 DM laki-laki dan 74 perempuan. DM memiliki pandangan yang berbeda-beda terkait anggapan awal terhadap psikiatri/rotasi klinik di bagian psikiatri serta hal-hal yang dipelajari selama pelaksanaan stase baik secara personal maupun . Meskipun secara umum DM menganggap pelaksanaan stase sudah berlangsung baik, mereka berharap agar pembelajaran bisa dilakukan pada latar yang lebih variatif dan dilakukan secara lebih aplikatif. Peneliti selanjutnya dapat memfokuskan pembahasan pada topik tertentu dan melakukan kajian kualitatif secara lebih mendalam atau menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah sampel lebih besar untuk meningkatkan kekuatan dan generalizability penelitian.

 

 

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Kusumastuti, I., Tyaswati, J. E. and Mardijana, A. (2022) “Analisis Kualitatif Refleksi Diri Dokter Muda tentang Pembelajaran pada Stase Psikiatri di Fakultas Kedokteran Universitas Jember/RSD Dr. Soebandi Jember ”, Jember Medical Journal, 1(1), pp. 8–16. doi: 10.19184/jmj.v1i1.153.

Issue

Section

Original Research Articles