Lokasi Lesi Sistem Saraf Pusat pada Pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging Pasien Covid-19 dengan Stroke: Tinjauan Naratif

Authors

  • Moh. Nur Indra Caesar Mahasiswa Kedokteran, Fakultas Kedokteran, Universitas Jember
  • Muhammad Ihwan Narwanto Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jember
  • Jauhar Firdaus Departemen Fisiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/jmj.v1i1.198

Abstract

Stroke dengan infeksi SARS-CoV-2 merupakan komplikasi penyakit yang serius. Fakta menunjukkan bahwa stroke memiliki persentase kematian sebesar 49%, sehingga stroke dengan infeksi SARS-CoV-2 memiliki risiko kematian yang lebih tinggi dengan manifestasi penyakit yang lebih parah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lokasi pemeriksaan lesi pasien stroke dengan COVID-19 menggunakan Magnitude Resonance Imaging (MRI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan tinjauan literatur. Sumber data pada penelitian tinjauan literatur ini diambil dari artikel penelitian nasional dan internasional dengan menggunakan basis data PubMed, Science Direct, Cochrane Library, dan Portal Garuda. Hasil dari penelitian ini didapatkan 24 artikel yang memenuhi kriteria inklusi sebagai sampel. Data yang diekstraksi menunjukkan bahwa lokasi anatomi lesi sistem saraf pusat pada pasien stroke dengan infeksi SARS-CoV-2 yaitu pada cerebrum, cerebellum dan ganglia basalis. Lokasi lesi pada otak besar paling sering ditemukan di lobus frontal dan parietal, diikuti oleh lobus temporal. Dari penelitian ini dengan menggunakan metode tinjauan literatur didapatkan gambaran lesi hiperintensitas melalui pemeriksaan MRI dengan berbagai lokasi lesi mulai dari lobus frontalis, parietalis, temporalis, occipitalis, insula, dan basal ganglia, serta cerebellum. Munculnya lesi pada pasien stroke dengan COVID diduga akibat hiperkoagulabilitas yang menyebabkan tromboemboli dan pada pemeriksaan MRI tampak adanya gambaran lesi hiperintensitas.

Downloads

Published

2022-11-30

How to Cite

Moh. Nur Indra Caesar, Muhammad Ihwan Narwanto and Jauhar Firdaus (2022) “Lokasi Lesi Sistem Saraf Pusat pada Pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging Pasien Covid-19 dengan Stroke: Tinjauan Naratif”, Jember Medical Journal, 1(1), pp. 51–63. doi: 10.19184/jmj.v1i1.198.

Issue

Section

Review Article