Pengaruh Self Confidence dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa
Keywords:
Self Confidence, Prokrastinasi Akademik, Pemahaman Konsep MatematisAbstract
Pentingnya kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika dan berkurangnya perilaku prokrastinasi akademik dapat mempengaruhi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan penelitian ialah untuk melihat pengaruh self confidence terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh prokrastinasi akademik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh self confidence dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa self confidence tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Self confidence dan prokrastinasi akademik tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa harus mengurangi perilaku prokrastinasi akademik karena dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.