https://journal.unej.ac.id/JoMEaL/issue/feed Journal of Mathematics Education and Learning 2024-12-04T10:34:11+07:00 Erfan Yudianto erfanyudi@unej.ac.id Open Journal Systems https://journal.unej.ac.id/JoMEaL/article/view/2403 Analisis Kesalahan Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmetika Berdasarkan Newman 2024-12-04T10:27:59+07:00 Rizky Firmanzyah zyahrizkifirman@gmail.com Dinawati Trapsilasiwi dinawati@gmail.com Inge Wiliandani Setya Putri ingewiliandani@unej.ac.id Ervin Oktavianingtyas ervin@gmail.com Reza Ambarwati Reza@gmail.com <p><span style="vertical-align: inherit;">Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas X dalam menyelesaikan soal cerita Barisan dan Deret Aritmetika berdasarkan jenis kesalahan menurut Newman. Penelitian ini perlu dilakukan untuk membantu menemukan kesalahan apa saja yang dilakukan siswa sehingga dapat menemukan solusi untuk meminimalkan terjadinya kesalahan tersebut dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 35 siswa kelas X 7 di SMA Negeri Rambipuji. Analisis dilakukan dengan memberikan tes tertulis berbentuk soal uraian yang berjumlah 3 soal. Keabsahan data dilakukan dengan melakukan wawancara terhadap 5 subjek yang dipilih berdasarkan teknik&nbsp;</span><em><span style="vertical-align: inherit;">purposive sampling</span></em><span style="vertical-align: inherit;">&nbsp;. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua subjek penelitian melakukan kesalahan yaitu NAS, FAR, dan AWE melakukan kesalahan membaca soal, kesalahan memahami soal, transformasi soal, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir.</span></p> 2024-07-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Journal of Mathematics Education and Learning https://journal.unej.ac.id/JoMEaL/article/view/2404 Pengaruh Self Confidence dan Prokrastinasi Akademik terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa 2024-12-04T10:28:44+07:00 Rabiatul Adawiah rabiatula794@gmail.com Rahma Putri Rahma@gmail.com Mesi Oktafia mesi@gmail.com Nur Rusliah nur@gmail.com <p>Pentingnya kepercayaan diri siswa dalam belajar matematika dan berkurangnya perilaku prokrastinasi akademik&nbsp; dapat mempengaruhi kemampuan yang dimiliki oleh siswa, salah satunya yaitu kemampuan pemahaman konsep matematis. Adapun tujuan penelitian ialah untuk melihat pengaruh&nbsp;<em>self confidence</em>&nbsp;terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh prokrastinasi akademik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, pengaruh&nbsp;<em>self confidence</em>&nbsp;dan prokrastinasi akademik terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa&nbsp;<em>self confidence</em>&nbsp;tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Prokrastinasi akademik berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.&nbsp;<em>Self confidence</em>&nbsp;dan prokrastinasi akademik tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Jadi dapat disimpulkan bahwa siswa harus mengurangi perilaku prokrastinasi akademik karena dapat berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.</p> 2024-07-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Journal of Mathematics Education and Learning https://journal.unej.ac.id/JoMEaL/article/view/2407 Analisis Kendala Pembelajaran Matematika melalui Google Meet di Masa Pandemi Covid-19 2024-12-04T10:34:11+07:00 Riyana Nurwita Febriyanti riyananurwita65@gmail.com Afif Afghohani Afif@gmail.com <p><strong>Abstrak</strong>. Tujuan dari penulisan jurnal ini adalah untuk mendiskripsikan berbagai kendala yang dihadapi peserta didik selama mengikuti pembelajaran daring melalui alat bantu berupa aplikasi Google Meet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan data melalui survei serta angket yang disebar kepada responden terpilih. Analisis data yang digunakan yaitu dengan menjabarkan hasil jawaban serta memberikan kesimpulan. Proses pembelajaran matematika secara daring mengalami berbagai kendalayang dihadapi peserta didik. Aplikasi yang digunakan untuk pembelajaran daring yaitu google meet. Kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran daring meliputi susah sinyal, memori penyimpanan penuh, serta kuota yang terbatas. Dari kendala yang ditemukan dalam proses pembelajaran menjadi kurang efektif. Beberapa solusi yang diberikan antara lain menyediakan Wifi dalam lingkup Rukun Tetangga serta membeli modem dalam perangkat yang relevan</p> 2024-07-30T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Journal of Mathematics Education and Learning