Keberlanjutan dan Pengembangan Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Jember

Authors

  • Priyo Bagus Prasetyo Mahasiswa S2

Abstract

Inovasi pelayanan publik bukanlah suatu hal yang baru bagi Pemerintah Kabupaten Jember. Berbagai bentuk inovasi pelayanan publik telah dilaksanakan oleh perangkat daerah. Beberapa inovasi yang dilakukan juga diikutsertakan pada kompetisi inovasi pelayanan publik oleh kementerian terkait dan berhasil meraih penghargaan. Prestasi tersebut menunjukkan komitmen untuk beradaptasi dan berubah, menyesuaikan dengan dinamika permasalahan publik. Sekalipun demikian, terdapat aspek penting yang tidak boleh dilupakan dalam proses inovasi pelayanan publik yaitu konsistensi keberlanjutan dan pengembangan inovasi. Tanpa konsistensi, keberlanjutan dan pengembangan, maka inovasi tidak akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik secara signifikan. Inovasi yang tidak disertai dengan konsistensi, keberlanjutan dan pengembangan dapat terjebak ke dalam kegiatan rutinitas semata. Agar inovasi berdampak signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik maka diperlukan tata kelola inovasi yang solid berdasarkan peta jalan yang jelas.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Prasetyo, P. B. (2024). Keberlanjutan dan Pengembangan Inovasi Pelayanan Publik di Kabupaten Jember. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1), 542–544. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/KONAMI/article/view/1062