Inovasi Perizinan Usaha Melalui Kebijakan Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember

Authors

  • Halimatus Zahra Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

Keywords:

Perijinan Usaha, Manajemen, Pelayanan

Abstract

Penelitian bertujuan pertama mengeksplorasi inovasi perijinan usaha melalui kebijakan, kedua manajemen yang dilakukan oleh pegawai pemerintah Kabupaten Jember. Ketiga mengeksplorasi manfaat pelayanan dari inovasi perijinan usaha Pelayanan Terpadu Satu Pintu. Tujuan penelitian ini dicapai dengan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara serta menulusuri data melalui proses dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles dan Huberman, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Melalui proses tersebut, penelitian ini menghasilkan pertama: inovasi perijinan usaha yang dilakukan menggunakan digital basis dengan memangkas birokrasi perijinan yang membutuhkan waktu lama. Kedua: manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam melakukan pelayanan perijinan sudah tersentral. Ketiga: manfaat pelayanan yang sudah dilakukan dari adanya digital basis dalam perijinan.

Downloads

Published

2024-08-10

How to Cite

Zahra, H. (2024). Inovasi Perizinan Usaha Melalui Kebijakan Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Jember. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 2(1), 553–559. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/KONAMI/article/view/1131