Pemasaran Sosial, Green Marketing, dan Pengentasan Kemiskinan

Authors

  • Zakaria Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Al Azhar Indonesia
  • Tono Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Al Azhar Indonesia

Keywords:

pengentasan kemiskinan, SDGs, pemasaran sosial, green marketing, ekonomi sirkular, creative visual analysis, semiotika

Abstract

Pemasaran sosial merupakan salah satu strategi untuk mengentaskan kemiskinan sebagai salah satu tujuan SDGs. Dengan kombinasi green marketing yang menyasar komunitas masyarakat miskin komunitas pemulung dan pekerja daur ulang, pemasaran sosial menjadi program dan kampanye untuk memecahkan masalah kemiskinan. Tulisan ini mendeskripsikan isu kemiskinan, pemasaran sosial, dan green marketing. Dengan mengambil kasus iklan kampanye GESN Le Minerale, pemasaran sosial, green marketing, ekonomi sirkular, dan kemiskinan dianalisis dengan menggunakan teknik creative visual analysis dan diinterpretasikan dengan semiotika de Saussure. Dapat disimpulkan bahwa iklan kampanye tersebut menginterpretasikan simbol-simbol pemasaran sosial dan green marketing yang merepresentasikan pengentasan kemiskinan

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Sukirno, Z. L. S. ., & Purwantoro , T. P. . (2024). Pemasaran Sosial, Green Marketing, dan Pengentasan Kemiskinan. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 1(1), 172–185. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/KONAMI/article/view/858