OPTIMALISASI EKSPRESI SASTRA MELALUI PEMBINAAN OLAH VOKAL, MIMIK, DAN PENGHAYATAN PUISI PADA SISWA SMPN 13 JEMBER

Authors

  • adenarsy avereus rahman UNIVERSITAS JEMBER
  • Siwi Tri Purnani universitas jember

Keywords:

literature, Ekspresi Sastra, Olah Vokal, Mimik, Penghayatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan ekspresi sastra siswa SMPN 13 Jember melalui pembinaan intensif olah vokal, mimik, dan penghayatan puisi. Kemampuan ekspresi sastra, khususnya dalam pembacaan puisi, seringkali menjadi tantangan bagi siswa karena kurangnya penguasaan teknik vokal, ekspresi non-verbal, dan kedalaman penghayatan. Studi ini menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif, dimana siswa SMPN 13 Jember bukan hanya sebagai objek, melainkan subjek yang aktif dalam pelatihan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung selama sesi pembinaan, rekaman pembacaan puisi, wawancara dengan siswa dan guru pembimbing, serta analisis lembar penilaian. Hasil menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mampu memahami secara keseluruhan tentang pembacaan puisi dan ada siswa yang belum mampu untuk memahami pembacaan puisi. Implikasi dari kegiatan ini adalah pentingnya mengintegrasikan pembinaan ekspresi sastra secara komprehensif dalam kurikulum sekolah untuk mengembangkan potensi artistik dan komunikasi siswa

Downloads

Published

2025-06-18

Issue

Section

Articles