https://journal.unej.ac.id/SJPM/issue/feed Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner 2025-06-18T00:00:00+07:00 Open Journal Systems https://journal.unej.ac.id/SJPM/article/view/5986 OPTIMALISASI EKSPRESI SASTRA MELALUI PEMBINAAN OLAH VOKAL, MIMIK, DAN PENGHAYATAN PUISI PADA SISWA SMPN 13 JEMBER 2025-06-14T11:19:02+07:00 adenarsy avereus rahman adenarsy.avereus@gmail.com Siwi Tri Purnani siwitri.p@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan ekspresi sastra siswa SMPN 13 Jember melalui pembinaan intensif olah vokal, mimik, dan penghayatan puisi. Kemampuan ekspresi sastra, khususnya dalam pembacaan puisi, seringkali menjadi tantangan bagi siswa karena kurangnya penguasaan teknik vokal, ekspresi non-verbal, dan kedalaman penghayatan. Studi ini menggunakan pendekatan partisipatif-edukatif, dimana siswa SMPN 13 Jember bukan hanya sebagai objek, melainkan subjek yang aktif dalam pelatihan. Data dikumpulkan melalui observasi langsung selama sesi pembinaan, rekaman pembacaan puisi, wawancara dengan siswa dan guru pembimbing, serta analisis lembar penilaian. Hasil menunjukkan bahwa terdapat siswa yang mampu memahami secara keseluruhan tentang pembacaan puisi dan ada siswa yang belum mampu untuk memahami pembacaan puisi. Implikasi dari kegiatan ini adalah pentingnya mengintegrasikan pembinaan ekspresi sastra secara komprehensif dalam kurikulum sekolah untuk mengembangkan potensi artistik dan komunikasi siswa</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner https://journal.unej.ac.id/SJPM/article/view/5990 PERAN MAHASISWA PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR DALAM MEMBERIKAN EDUKASI PENANGGULANGAN BANJIR UNTUK MEWUJUDKAN SEKOLAH TANGGUH BENCANA SISWA SMA 2025-06-16T11:00:37+07:00 Elan Artono Nurdin elan@unej.ac.id Era Iswara Pangastuti era.fkip@unej.ac.id Fahmi Arif Kurnianto fahmi.fkip@unej.ac.id Chalia Chistella chalia@unej.ac.id Melinda Suciatin Nofus melinda_suc@gmail.com Muhammad Irfan muhammad.irfan@gmail.com Bunga Citra Lestari bunga@gmail.com Putri Aulia Dia Pujiandri pujiandri@gmail.com Rini Mardhotillah mardhotillah@gmail.com Dede Amba Novitasari novitasari@gmail.com Clara Indinavasya clara@gmail.com Fina Widiastuti fina@gmail.com Erlansa Nurnasnina erlansa@gmail.com <p>Indonesia merupakan negara yang rawan terhadap berbagai bencana alam akibat letak geografis, geologis, dan iklimnya yang kompleks. Wilayah seperti Kabupaten Jember, khususnya Kecamatan Arjasa sering mengalami banjir yang disebabkan oleh faktor alam dan ulah manusia seperti penyempitan saluran air dan sampah. Berdasarkan kondisi tersebut, dilaksanakan workshop Edukasi Penanggulangan Banjir untuk Mewujudkan Sekolah Tangguh Bencana siswa di SMA Negeri Arjasa Jember yang melibatkan perwakilan siswa kelas X dan XI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana banjir, khususnya yang disebabkan oleh penyumbatan saluran air dan intensitas hujan tinggi. Melalui pendekatan edukatif berupa ceramah interaktif dan diskusi, siswa memperoleh wawasan mengenai penyebab, dampak, serta strategi mitigasi banjir yang relevan dengan kondisi lokal. Partisipasi aktif siswa serta keterlibatan mahasiswa asistensi mengajar mendorong terbentuknya budaya sadar bencana sejak dini. Kegiatan ini tidak hanya bersifat edukatif, tetapi juga menumbuhkan kepedulian sosial, memperkuat peran pendidikan tinggi dalam pengabdian masyarakat, serta membentuk karakter generasi muda yang tangguh menghadapi bencana melalui kolaborasi antara sekolah dan mahasiswa asistensi mengajar.</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner https://journal.unej.ac.id/SJPM/article/view/5960 SOSIALISASI PENERAPAN ARTIFICIAL INTELEGENT DI MAN 2 JEMBER 2025-06-09T19:30:55+07:00 fachri zulfikar 199403242024061001@mail.unej.ac.id Nurul Umamah Nurul_um@unej.ac.id Fernanda Prasky Hartono prasky@unej.ac.id Anis Syatul Hilmiah anis@unej.ac.id Sumardi sumardi@unej.ac.id <p>Tujuan dari kegiatan pengabdian ini&nbsp;memberikan informasi kepada guru di MGMP IPS MAN 2 Jember akan pentingnya penggunaan latform artificial intelegent d dalam pembelajaran pada masa kurikulum Merdeka belajar ini..&nbsp; pada umumnya guru di MGMP IPS MAN 2 Jember merupakan khalayak sasaran yang menjadi fokus pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini. Target yang ingin dicapai setelah pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah sosialisasi dalam bentuk&nbsp; workshop yang mengangkat isu&nbsp; penting tentang bagaimana menggabungkan kecerdasan buatan (AI) dalam pembeljaran dalam kurikulum Merdeka Belajar. Metode kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah metode ceramah dan tanya jawab. Secara keseluruhan kegiatan sosialisasi ini berjalan dengan lancar dan mendapat respon positif dari para peserta. Para guru menginginkan agar kegiatan ini dapat dilakukan secara berkelanjutan. Dengan&nbsp; penerapan&nbsp; yang&nbsp; tepat, AI dapat membantu meningkatkan kualitas Pendidikan dan&nbsp; menghasilkan konten yang bermanfaat .</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner https://journal.unej.ac.id/SJPM/article/view/5985 PENGUATAN LITERASI KEBENCANAAN SISWA SMA/ MA MELALUI PELATIHAN MITIGASI BENCANA BERBASIS 2025-06-13T20:35:32+07:00 Ana Susiati anasusiati.fkip@unej.ac.id Bejo Aprianto apriyanto.bejo@unej.ac.id Fahrudi Ahwan Ikhsan ahwan.fkip@unej.ac.id Yushardi yushardi@unej.ac.id Mayang Putri Suherman mayang_put@gmail.com <p>Indonesia merupakan wilayah rawan bencana, termasuk Kabupaten Jember yang sering mengalami gempa bumi dan banjir, namun literasi kebencanaan siswa yang masih rendah menjadi permasalahan. Oleh karena itu diperlukan langkah efektif untuk mengatasinya dengan kegiatan pengabdian masyarakat. Pengabdian ini bertujuan meningkatkan literasi kebencanaan siswa MAN 2 Jember melalui pelatihan mitigasi berbasis <em>Year of Construction Mapping</em> (YOMAS), yaitu pemetaan usia bangunan sebagai indikator kerentanan. Metode yang digunakan yaitu pelatihan yang dilaksanakan dalam empat&nbsp; tahap: pemberian materi, praktik pemetaan dan simulasi evakuasi, serta pendampingan. Hasil awal menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman rendah terhadap risiko struktural bangunan dan minim keterlibatan dalam simulasi kebencanaan. Setelah pelatihan, terdapat peningkatan signifikan pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, termasuk kemampuan siswa dalam mengenali risiko bangunan dengan usia tua, menyusun peta evakuasi, dan melakukan simulasi saat terjadi bencana. Metode YOMAS terbukti efektif metode pelatihan mitigasi bencana berbasis spasial yang meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana melalui pendekatan kontekstual dan kolaboratif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa YOMAS dapat menjadi model pembelajaran mitigasi bencana yang dapat diterapkan di sekolah lain, terutama di daerah rawan gempa.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata kunci</strong> : literasi kebencanaan, mitigasi bencana, <em>year of construction mapping</em> (YOMAS)</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner https://journal.unej.ac.id/SJPM/article/view/5954 WEBINAR CAREER PREPARATION: OPTIMALISASI EKSPLORASI DIRI DAN KETERAMPILAN UNTUK MASA DEPAN PROFESIONAL 2025-06-06T14:57:24+07:00 Chalia Chistella chalia@unej.ac.id Frenza Fairuz Firmansyah frenza@unej.ac.id <p>Dunia kerja yang semakin kompetitif menuntut mahasiswa untuk mempersiapkan diri sejak dini. Webinar Career Preparation yang diselenggarakan pada 10 Mei 2025 ini diikuti oleh 60 mahasiswa dari berbagai disiplin ilmu, bertujuan membekali peserta dengan strategi persiapan karier, teknik pembuatan CV menarik, dan penguatan personal branding. Pemateri pertama, Chalia Chistella, M.Pd., memaparkan pentingnya memulai persiapan karier sejak kuliah, meliputi: (1) eksplorasi diri di tengah dunia kerja yang kompetitif, (2) pemanfaatan kesempatan magang dan organisasi, serta (3) penyusunan CV efektif (struktur, konten, dan do’s &amp; don’ts). Pemateri kedua, Dr. Frenza Fairuz Firmansyah, M.Pd., membahas strategi membangun personal branding yang unik di era digital. Kegiatan dilaksanakan secara daring melalui metode interaktif (pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab). Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa mahasiswa semakin menyadari pentingnya membangun citra diri yang baik serta mempersiapkan CV yang menarik sejak dini untuk meningkatkan peluang karier mereka. Secara keseluruhan, webinar ini memberikan kontribusi signifikan dalam membantu mahasiswa untuk lebih siap dan percaya diri dalam memasuki dunia kerja.</p> 2025-06-18T00:00:00+07:00 Copyright (c) 2025 Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner