Determinan Nilai Perusahaan pada Perusahaan Manufaktur di BEI
Abstract
Menarik minat investor untuk membiayai proyek-proyek perusahaan manufaktur, maka perusahaan manufaktur perlu meningkatkan nilai perusahaannya dengan memperhatikan pembagian dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembagian dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage pada perusahaan manufaktur di BEI tahun 2018-2022. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pembagian dividen, profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage, sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Penelitian ini adalah penelitian berbasis explanatory research, dengan populasi perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022. Menggunakan teknik pemilihan sampel yaitu purposive sampling, diperoleh sampel 29 perusahaan, dengan jumlah sampel pengamatan sebanyak 145. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan sumber data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan. Metode analisis yang digunakan adalah uji regresi linier berganda diolah dengan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembagian dividen, profitabilitas, dan leverage berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Nilai Perusahaan, Pembagian Dividen, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage