Peningkatan Pemahaman Kemaritiman melalui Sosialisasi pada Santri MA Unggulan Al Anwari, Banyuwangi
DOI:
https://doi.org/10.19184/aksilar.v3i1.6366Keywords:
Sosialisasi, Santri, lingkungan maritim, materi pembelajaranAbstract
Kegiatan sosialisasi pentingnya pendidikan lingkungan maritim dilaksanakan di Madrasah Aliyah (MA) Unggulan Al-Anwari, Desa Kertosari, Banyuwangi. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman santri tentang pentingnya menjaga ekosistem pesisir melalui penyediaan materi pembelajaran yang terstruktur. Kegiatan ini merupakan salah satu jalan yang dapat membantu memberikan solusi dari masalah yang ada, dimana program lifeskill kemaritiman yang masih dalam tahap awal pengembangan, belum terintegrasi secara sistematis dalam kurikulum utama, serta keterbatasan sarana penunjang seperti laboratorium IPA sehingga pengalaman belajar santri belum optimal. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu penyusunan dan pemberian materi untuk pembelajaran kelas, diskusi, serta pemberian booklet panduan observasi. Hasil dari kegiatan menunjukkan hasil bahwa santri dapat memahami konsep dasar dari ekosistem laut , dampak dari pencemaran, dan strategi konservsai sederhana yang dapat dilakukan secara berkelanjutan. Melalui kegiatan sosialisasi ini, diharapkan para santri dapat menjadi agen perubahan yang peduli terhadap lingkungan pesisir. Selain itu, kegiatan ini akan memperkuat sifat pendidikan maritim berbasis pesantren.
References
Amelia, K., Apriadi, T., Ramdhani, N., Akhmad, D., & Nugraha, T. (2024). Sosialisasi literasi ekosistem pesisir pada SMA/SMK di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Journal of Maritime Empowerment, 7(1), 34–40.
Desfitri, E., Yulisna, R., & Fadhillah. (2023). Sosialisasi pentingnya literasi membaca bagi siswa SD di Kampung Sungai Salak Pesisir Selatan. Integratif: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 34–38.
Hirmawan, A. A., Saputra, S. W., & Ain, C. (2020). Valuasi ekonomi ekosistem mangrove di kawasan Taman Pesisir Ujungnegoro-Roban, Kabupaten Batang. Jurnal Pasir Laut, 4(2), 124–133.
Jefryco, S., Purwanti, F., & Prakoso, K. (n.d.). Valuasi ekonomi sumber daya perikanan di kawasan ekosistem mangrove Desa Babalan Kabupaten Demak. Jurnal Pasir Laut, 9(2), 49–58.
Khairunnisa, K., Abdillah, Y., & Wahyudin, W. (2022). Nilai ekonomi ekosistem mangrove di Kelurahan Kawal Kabupaten Bintan. Jurnal Akuatiklestari, 5(2), 97–101.
Khusna, U. A., & Kuswanti, N. (2024). Pengembangan booklet adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan lingkungan sebagai bahan ajar kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 13(3), 636–644.
Maki, H. A., & Nurjaman, U. (2022). Pengambilan keputusan dalam pendidikan berbasis agama, filsafat, psikologi, dan sosiologi. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 16(1), 88–102.
Nst, M. M., Siregar, N. S., Sabila, F. H., & Siregar, T. (2023). Pentingnya sosialisasi bimbingan konseling untuk dunia pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1054–1062.
Riadi, S., Arkham, M. N., Haris, R. B. K., & Tiku, M. (2022). Nilai ekonomi ekosistem lamun di perairan barat Kabupaten Rote Ndao, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia: Sebagai penyedia sumberdaya ikan. Jurnal Ilmu-ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan, 17(1), 58–67.
Utomo, H. S., Effendi, A., & Simangunsong, S. P. (2025). Potensi dan tantangan Indonesia sebagai negara maritim dalam mewujudkan poros maritim dunia. Journal of Knowledge and Collaboration, 2(5), 659–665.
 
											Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 AKSILAR: Akselerasi Luaran Pengabdian Masyarakat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
 
						









