Pengembangan Kelas Edukasi di Gubuk Pustaka Ndalung Desa Ajung Kabupaten Jember

Authors

  • Yolan Dirgantara Program Studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Lintang Qurota A’yun Program Studi Sistem Informasi, Universitas Jember
  • Brillian Istana Audio Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jember
  • Bella Permata Sari Program Studi Matematika, Universitas Jember
  • Najmi Fatihus Shidqi Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember
  • Lailatul Hasanah Program Studi Kebidanan, Universitas dr Soebandi
  • Nadia Ramadani Firmansyah Program Studi Kebidanan, Universitas dr Soebandi
  • Shinta Kusuma Wati Program Studi Neurologi, Universitas Islam Malang
  • Vega Kartika Sari Program Studi Agronomi, Fakultas Pertanian, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/aksilar.v1i2.848

Keywords:

Kelas edukasi, Anak-anak, Gubuk Pustaka Ndalung

Abstract

Pengembangan dunia pendidikan menjadi bagian yang sangat penting dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkompeten, cerdas, kreatif dan berbudi pekerti luhur di era modern ini. Tim bekerja sama dengan Gubuk Pustaka Ndalung memberikan pendampingan kelas edukasi bagi anak-anak di Desa Ajung. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan edukasi untuk meningkatkan pengetahuan melalui kegiatan yang menyenangkan. Jenis kelas edukasi yang dilakukan adalah kelas prakarya, kesehatan, sains dan pertanian. Sasaran kegiatan adalah anak-anak PAUD, TK, SD dan SMP. Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari setiap kelas. Berdasarkan hasil kuisioner, peserta sangat senang (55%) dan senang (30%) dengan adanya kegiatan ini. Kesuksesan kegiatan ini dipengaruhi beberapa faktor diantaranya mendapat dukungan penuh dari pendiri Gubuk Pustaka Ndalung, konsep pembelajaran yang menarik, dan antusiasme dari peserta.

 

Kata Kunci: Kelas edukasi, Anak-anak, Gubuk Pustaka Ndalung

References

Hidayat, P. 2014. Pentingnya Konsep Dasar Sains Pada Pendidikan Tingkat SD/MI Dalam Mengejar Kemajuan Teknologi. Al-Bidayah. 6(2): 273-289.

Ishak, A. P., Afifah, R. N., & Kamelia, S. Q. 2021. Strategi Belajar Sambil Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Terhadap Anak pada Masa Pandemi di Desa Leuwigoong. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(87), 137-145.

Ismail, M.J. 2021. Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Dan Menjaga Kebersihan Di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran. 4(1): 59-68.

Rohsulina, P., Rifai, M.H., dan Suswandari, M. 2015. Penanaman Kesadaran Dan Tanggung Jawab Terhadap Lingkungan Hidup Melalui Green School Di SD Negeri Demakan 02 Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 6(2): 46-55.

Sari, I.P.T.P. 2013. Pendidikan Kesehatan Sekolah Sebagai Proses Perubahan Perilaku Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia. 9(2): 141-147.

Sutarwan, I. W. 2018. Urgensi Pendidikan Karakter Bagi Generasi Bangsa di Era Perkembangan Teknologi. Jurnal Penerangan Agama Hindu. 16(1): 91-99.

Downloads

Published

2024-05-21