Optimalisasi Digital Marketing dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Mandiri di Desa Kudus

Authors

  • Michael Tan FISIP Universitas Jember
  • R.A. Helda Puspitasari Departemen Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Fedonata Nur Afandi Program Studi Matematika, Universitas Jember
  • Rita Wulandari Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Jember
  • Putri Mahhrany Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Jember
  • Yessy Firliyani Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Jember
  • Agung Putra D.F. Program Studi Informatika, Universitas Jember
  • Alfi Khoerunnisa Program Studi Teknik Sipil, Universitas Jember
  • Audi Oktaviani Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Universitas Jember
  • Amalia Masithoh Program Studi Ilmu Keperawatan, Universitas Jember
  • Nisa Novayanti Program Studi Manajemen, Universitas Jember
  • Rafif Fazle M. Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Jember
  • Rizki Dwi Putra Program Studi Informatika, Universitas Jember

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui program KKN ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan UMKM di Desa Kudus dalam memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan daya saing produk mereka di pasar. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan para pelaku UMKM dalam menggunakan media sosial dan platform digital lainnya sebagai sarana promosi yang efektif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi survei awal untuk mengidentifikasi kebutuhan UMKM, pelatihan digital marketing secara langsung kepada setiap UMKM, dan pendampingan berkelanjutan untuk memastikan penerapan ilmu yang telah diberikan. Hasil yang dicapai menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman dan kemampuan digital marketing pada UMKM yang terlibat, yang tercermin dari peningkatan interaksi di media sosial dan peningkatan penjualan produk secara online.

Downloads

Published

2024-12-27

How to Cite

Tan, M., R.A. Helda Puspitasari, R. H. P., Fedonata Nur Afandi, F. N. A., Rita Wulandari, R. W., Putri Mahhrany, P. M., Yessy Firliyani, Y. F., Agung Putra D.F., A. P. D., Alfi Khoerunnisa, A. K., Audi Oktaviani, A. O., Amalia Masithoh, A. M., Nisa Novayanti, N. . N., Rafif Fazle M., R. F. M., & Rizki Dwi Putra, R. D. P. (2024). Optimalisasi Digital Marketing dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Mandiri di Desa Kudus . Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosial Politik (JPMSP), 1(1), 1–9. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/JPMSP/article/view/1550