Edukasi Tanggap Bencana di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan melalui Program Relawan Rumah Zakat Jember

Authors

  • Mega Ayu Septia Putri Universitas Jember
  • Famaziyatus Syakirah Universitas Jember
  • Balqis Qotrunnada Salsabila Universitas Jember
  • Diva Novita Bahar Universitas Jember
  • Imelda Brilian Putri Dellicia
  • Belgis Hayyinatun Nufus Universitas Jember
  • Devi Dewi Hajar Koordinator Relawan Rumah Zakat Jember

Keywords:

SPAB, VOGETOS, Bencana, Kesiapsiagaan, Edukasi, Siswa, Guru

Abstract

Kegiatan edukasi tanggap bencana atau Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan merupakan upaya peningkatan siswa dan guru dalam menghadapi potensi bencana melalui pendekatan edukatif dan menyenangkan. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara mahasiswa Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Jember dan Relawan Rumah Zakat Jember dalam program “Volunteer Goes to School” (VOGETOS). Selama kegiatan berlangsung, siswa dan guru diberikan materi tentang kebencanaan yang dikemas secara interaktif melalui diskusi kelompok, kuis, sesi tanya jawab, serta icebreaking yang menciptakan suasana belajar menyenangkan. Selain menumbuhkan pemahaman siswa, guru juga mendapatkan informasi edukatif yang diharapkan bisa diterapkan dan dilanjutkan dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan tentang jenis-jenis bencana dan langkah-langkah mitigasi yang perlu dilakukan sebelum, saat, dan setelah bencana terjadi. Program ini juga mempererat hubungan antara pelajar, relawan, dan sekolah dalam menumbuhkan budaya kesiapsiagaan bencana sejak dini.

Downloads

Published

2025-06-18

How to Cite

Mega Ayu Septia Putri, Famaziyatus Syakirah, Balqis Qotrunnada Salsabila, Diva Novita Bahar, Imelda Brilian Putri Dellicia, Belgis Hayyinatun Nufus, & Devi Dewi Hajar. (2025). Edukasi Tanggap Bencana di SMP IT Ibnu Sina Wuluhan melalui Program Relawan Rumah Zakat Jember. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosial Politik (JPMSP), 2(1), 1–11. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/JPMSP/article/view/5996