City Branding Banyuwangi Sebagai Kota Pariwisata di Kancah Internasional
Keywords:
city branding, identitas kota, Majestic Banyuwangi, pariwisataAbstract
City branding merupakan strategi memasarkan kota dengan citra kota untuk mencapai identitas tertentu agar dapat menjadi identitas yang khas. Artikel ini membahas mengenai city branding yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuwangi untuk menjadi Kota Pariwisata dan dapat bersaing secara global. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja upaya dan strategi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mencapai identitas tertentu melalui city branding yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dari dokumen tertulis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya city branding yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memperbaiki citra kota dilakukan melalui upaya dari dalam meliputi membangun visi, misi, produk pariwisata, dan aset kota. Sedangkan strategi yang ditempuh adalah melalui pelaksanaan festival sepanjang tahun, promosi daring, aktif menjadi perwakilan Indonesia dalam aktivitas promosi mancanegara, serta melakukan kerjasama dengan para pemangku kepentingan di luar Dinas Pariwisata Daerah
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Konferensi Nasional Mitra FISIP
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.