City Branding Banyuwangi Sebagai Kota Pariwisata di Kancah Internasional

Authors

  • Fuat Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Jember
  • Diajeng Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Jember
  • Abubakar Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, FISIP, Universitas Jember

Keywords:

city branding, identitas kota, Majestic Banyuwangi, pariwisata

Abstract

City branding merupakan strategi memasarkan kota dengan citra kota untuk mencapai identitas tertentu agar dapat menjadi identitas yang khas. Artikel ini membahas mengenai city branding yang dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuwangi untuk menjadi Kota Pariwisata dan dapat bersaing secara global. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apa saja upaya dan strategi yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk mencapai identitas tertentu melalui city branding yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui wawancara, dan data sekunder yang diperoleh melalui studi kepustakaan dari dokumen tertulis yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  upaya city branding yang dilakukan pemerintah Kabupaten Banyuwangi untuk memperbaiki citra kota dilakukan melalui upaya  dari dalam meliputi membangun visi, misi, produk pariwisata, dan aset kota. Sedangkan strategi yang ditempuh adalah melalui pelaksanaan festival sepanjang tahun, promosi daring, aktif menjadi perwakilan Indonesia dalam aktivitas promosi mancanegara, serta melakukan kerjasama dengan para pemangku kepentingan di luar Dinas Pariwisata Daerah

Downloads

Published

2024-05-04

How to Cite

Albayumi, F. A., Ayuningtyas, D. A., & Hara, A. E. H. (2024). City Branding Banyuwangi Sebagai Kota Pariwisata di Kancah Internasional. Konferensi Nasional Mitra FISIP, 1(1), 61–73. Retrieved from https://journal.unej.ac.id/KONAMI/article/view/863