Implementasi Magang Profesi di CV. Rumahku Hidroponik dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Kompentensi Mahasiswa

Authors

  • Trista Ningsih Universitas Jember
  • Arya Tri Yudha Ramadhana Universitas Jember
  • Elisa Pramesti Edining Cahyani Universitas Jember
  • Muhammad Risal Hafidi Universitas Jember
  • Vivi Fitriani Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/aksilar.v2i1.1566

Keywords:

Hidroponik, magang profesi, praktik lapang

Abstract

Budidaya hidroponik menjadi alternatif pertanian dalam mengatasi ketersediaan lahan yang semakin terbatas. CV. Rumahku Hidroponik yang berlokasi di Jl. Jawa VI Kec. Sumbersari, Jember merupakan wadah untuk mendalami terkait ilmu hidroponik. Memperkenalkan hidroponik sebagai sistem pertanian yang mudah dapat mendorong masyarakat khususnya generasi muda untuk terjun menjadi petani modern. Magang profesi memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan pengetahuan selama perkuliahan dengan praktik lapang di dunia kerja. Pelaksanaan magang selama 45 hari oleh mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Jember di CV. Rumahku Hidroponik didampingi oleh satu dosen pembimbing magang. Hasil dari kegiatan magang yakni mengimplementasikan teori perkuliahan serta mempelajari ilmu dan wawasan mendalam mengenai budidaya hidroponik mulai dari tahap persiapan hingga pasca panen. Harapan dari kegiatan magang ini adalah menciptakan lulusan perguruan tinggi yang berkualitas dan kompeten guna siap memasuki dunia kerja maupun mengabdikan ilmunya kepada masyarakat dengan berbekal teori pengetahuan serta dan pengalaman praktik kerja lapangan.

References

Febriana, E., D. Maharani, P., Kharisma., dan R. Syahbani. (2024). Implementasi Kerja Mahasiswa Dalam Program Mandiri Pangan Bagi Masyarakat di Kelurahan Dua Puluh Ilir Empat. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2 (1): 27–39.

Hasyim, N.M. (2023). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa: Efektivitas Program Magang Profesi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Manajemen Dakwah, 9 (2) : 233 -258.

Ismail., Hasan., dan Musdalifah. (2018). Pengembangan Kompetensi Mahasiswa melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan. Jurnal Edumaspul, 2 (1) : 124-131.

Mudjiono. (2021). Meningkatkan Pengetahuan Teori Persamaan Diferensial dan Transformasi Laplace Melalui Pembelajaran Kooperatif Model STAD. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6 (2).

Nabila, N.P. dan M. Kusumaningtyas (2024). Ekspedisi Magang di PT Audi Mandiri Perkasa Jaya Dalam Rangka Menggali Potensi Karir. Social Sciences Journal, 2 (3) : 50 - 58.

Nasution, D.P. (2023). Implementasi Program Magang Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Di Disperindag Sumut Untuk Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pengabdian Mandiri, 2 (7) : 1541 - 1547.

Nova, M.A. dan J. Safitri. (2024). Efektivitas Tingkat Pemahaman dan Kompetensi Keahlian terhadap Pelaksanaan Magang Mahasiswa Teknik Perawatan Pesawat Udara. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7 (3) : 8784 - 8791.

Romdoni, M., H. Sawiji., dan A. Subarno. (2021). Pelaksanaan Program Magang Dunia Usaha Dan Industri Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fkip Uns Tahun 2019. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5 (1) : 31 - 42.

Samidjo. (2017). Efektifitas Pelaksanaan Magang Industri Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin. Jurnal Taman Vokasi, 5 (2) : 246-254.

Siregar, M.H.F.F. dan A. Novita. (2021). Sosialisasi Budidaya Sistem Tanam Hidroponik dan Veltikultur. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (1) : 113-117.

Wahyuni, S., F. Febriati., dan A. Hakim. (2023). Pengembangan Pedoman BKP Magang Mandiri Mendukung Mbkm Prodi Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 5 (9) : 3329 - 3308.

Published

2024-11-30