Persepsi Masyarakat terhadap Pelayanan Penerbitan Akta Kematian melalui Layanan Online “PLAVON”

Studi Kasus pada Kabupaten Sidoarjo

Authors

  • Muhammad Ivan Firmansyah Program Studi Administrasi Negara, FISIP, Universitas Jember
  • Muhammad Hadi Makmur Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Jember
  • Agus Suharsono Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.19184/esospol.v11i3.4193

Keywords:

Persepsi Masyarakat, Pelayanan Online, Akta Kematian

Abstract

Pencatatan Kematian merupakan salah satu dari berbagai peristiwa penting yang wajib dicatatkan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi masyarakat terhadap penerbitan akta kematian
melalui layanan online di Kabupaten Sidoarjo diukur dari persepsi pengguna. Akta kematian berperan sebagai salah satu faktor esensial dalam pembuatan rasio kependudukan, mengingat fungsi akta kematian sendiri diantaranya untuk mencegah penyalahgunaan data dari orang yang sudah meninggal dunia. Dalam rangka pemenuhan tuntuntan sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, salah satu inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo adalah PLAVON DUKCAPIL (Pelayanan Via Online Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) yang merupakan platform dengan aksesibilitas tinggi berbasis web yang memungkinkan hampir seluruh kegiatan pelayanan offline dapat dilakukan secara online. Salah satunya adalah dalam pelayanan pengurusan akta kematian. Pemohon yang dulunya harus hadir di tempat pelayanan yang dalam hal ini adalah Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sidoarjo, kini dapat melakukan permohonan dari manapun via web. Aksesibilitas yang tinggi dan mudah diharapkan dapat memungkinkan pelayanan yang lebih optimal dalam segala sektor pelayanan yang ditawarkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurus akta kematian.

Downloads

Published

2024-09-12